User Rating: 0 / 5

Star inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactive
 

ABG Boleh Rekam e-KTP

Jumat, 16 Agustus 2013 - 08:17:33 

BALIKPAPAN - Perekaman data e-KTP oleh Dinas Kependudukkan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Balikpapan telah mencapai 92,06 persen. Dari target yang ditetapkan Pemerintah Pusat sebanyak 391.544 jiwa perekaman data e-KTP, Disdukcapil Balikpapan telah melakukan perekaman data 360.441 jiwa. 

“Sebenarnya jika dikurangi dengan penduduk yang pindah maupun yang mati, target kami telah melampaui yang ditetapkan pemerintah. Bahkan lebih dari 100 persen. Yang ada saat ini hanya sisanya,” kata Kepala Disdukcapil Chairil Anwar, di ruangannya, kemarin.Setiap hari, perekaman data e-KTP di kantor Disdukcapil mencapai 100 orang. “Rata-rata per hari ada 50-100 orang yang datang melakukan perekaman data. Bahkan pas hari pertama masuk kerja usai libur Lebaran, masyarakat yang datang untuk melakukan perekaman data membeludak. Beberapa hari ini bisa sampai 500 orang lebih yang sudah melakukan perekaman data,” terang pria berkacamata ini.

 

Dalam waktu dekat, pihaknya juga berencana memberikan kesempatan kepada warga usia 15-16 tahun untuk melakukan perekaman data. Namun untuk pendistribuan e-KTP khusus untuk usia tersebut akan dilakukan ketika berusia 17 tahun.

 

“Kami melakukan hal ini, untuk mempermudah mereka ketika sudah wajib memiliki e-KTP tidak perlu lagi kesulitan melakukan perekaman data. Biasanya banyak yang kebingungan ketika mau masuk kuliah baru melakukan perekaman data e-KTP,” terang Chairil.

 

Saat ini, menurutnya jumlah penduduk Balikpapan yang berusia 15-16 tahun ada 20 persen. “Walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak, tapi kami berharap dapat menjaring penduduk yang usia produktif ini,” imbuhnya.

 

Wacana yang akan tertuang dalam surat edaran Wali Kota itu, akan dilakukan di seluruh Indoensia. Syaratnya pun mudah. Bagi warga usia 15-16 tahun yang ingin melakukan perekaman data e-KTP cukup membawa Kartu Keluarga ke Disdukcapil, dengan waktu pelayanan pada pukul 08.00-16.00 Wita.

 

“Sifatnya seperti air mengalir saja. Kami akan melakukan imbauan yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan pesantren di Balikpapan melalui surat edaran Wali Kota tentang hal ini,” ucapnya.

 

Pihaknya berharap dengan melakukan hal ini, semua penduduk wajib e-KTP dapat terdata.  “Kalau sudah terdata ‘kan enak. Contohnya Jika ada yang tersandung tindak kriminal maka akan cepat tertangkap,” ujarnya.

 

Dia juga menyampaikan, bagi masyarakat yang sudah melakukan perekaman data namun belum menerima e-KTP agar tidak perlu khawatir. Untuk KTP lama, jelas Chairil, yang masih dipegang masyarakat akan berakhir atau tidak berlaku lagi per 31 Desember 2013. Bagi warga yang belum juga keluar KTP elektroniknya maka akan diberikan surat keterangan oleh pihak kecamatan. (*/rkp/far)

Sumber : http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/27550/abg-boleh-rekam-e-ktp.html