User Rating: 0 / 5

Star inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactive
 
 

MEDAN  - Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan Muslim Harahap mengatakan, untuk mencapai target agar seluiruh warga Kota Medan khususnya anak sekolah memiliki   akta kelahiran, pihaknya akan memberikan kemudahan pengurusan.

Dikatakan, untuk mempermudah akta kelahiran anak sekolah bagi anaks ekolah yang belum memiliki akta kelahiran untuk segera melaporkan kepada Kepala Unit Pelayanan Teknis (KUPT) Dinas Pendidikan Kota Medan.



Selanjutnya  KUPT melaporkan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan untuk mengambil data sekaligus penerbitan akta kelahiran pemohon.

Diungkapkan Muslim, kendala yang dihadapi dalam penerbitan akta kelahiran  akibat terkendala tidak memiliki identitas diri baik kartu keluarga maupun KTP.  Saat ini tercatat lebih kurang 100.000 warga  yang belum memiliki identitas diri, mereka umumnya  warga pendatang dan tidak memiliki identitas diri.

“Selain itu masih banyak orang tua yang tidak memiliki akta perkawinan. Untuk itulah mulai 14 April 2014, kami akan melaksanakan pencatatan perkawinan di seluruh kecamatan di Kota Medan,” paparnya.

Muslim mengungkapkan, pihaknya sampai Maret 2014  telah menyiapkan 21.273 lembar akta kelahiran, 7.254 diantaranta akta kelahiran untuk anak sekolah.

Dia bertekad tahun 2015, tidak ada lagi warga Kota Medan yang tidak memiliki akta kelahiran. “Jika ada siswa yang belum memiliki akta kelahiran, segera laporkan kepada Kepala Unit Pelayanan Teknis (KUPT) Dinas Pendidikan Kota Medan.

Sumber : waspada.co.id