User Rating: 0 / 5

Star inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactive
 
 

PROKAL.CO,  BONTANG - Inovasi harus terus dilakukan demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Pelayanan kependudukan dan catatan sipil pun  akan melakukan terobosan baru dengan target bisa berjalan 2019 ini. 

 Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bontang, Yuliatinur mengatakan hasil rakornas beberapa waktu lalu, seluruh Disdukcapil di Indonesia diminta mempersiapkan membuat akta kelahiran dan kartu keluarga (KK) dengan tanda tangan elektronik. "Jadi tanda tangan kepala dinas bisa dilakukan di mana saja," kata Yuli.

 

 Selain tanda tangan elektronik, daftar akta kelahiran dan KK juga bisa secara online. Pencetakan bisa  diambil bersama berkas yang ia serahkan ke Disdukcapil Bontang. "Saat ini masih persiapan, maunya sih tahun ini bisa direalisasikan," ujarnya.

 Yang menjadi kendala dalam pelaksanaan sistem online ialah jaringan. Menurutnya, kesiapan warga juga sangat menunjang program ini bisa berjalan. Mengingat tak semua warga bisa mengaplikasikan ponsel cerdas ataupun komputer. "Perlu sosialisasi lagi, nanti dilihat seperti apa juknisnya," imbuh dia.

 Akta kelahiran dan KK online diharapkan bisa mempermudah pelayanan masyarakat. Keuntungannya, lanjut Yuli, masyarakat tak lagi harus bolak-balik ke kantor Disdukcapil untuk mengurus berkas. Melainkan mereka hanya datang sekali saja membawa berkas sekaligus membawa pulang akta kelahiran atau KK yang sudah jadi. "Target tahun ini semoga bisa terlaksana," ujarnya.(mga/far)

 

sumber : http://bontang.prokal.co/read/news/23636-mantap-ini-akta-dan-kk-bisa-urus-online.html