BONTANG – Warga Kota Taman yang saat ini ingin merekam KTP elektronik (KTP-el) tampaknya belum bisa terlayani. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mengaku tengah kehabisan blanko KTP.

Ini terjadi sejak Selasa (4/8) lalu. Praktis, hal ini membuat aktivitas di Disdukcapil Bontang berjalan tidak seperti biasanya. Masriah, Kepala Seksi KTP dan Kartu Keluarga (KK) membenarkan hal ini. Disdukcapil bukannya tanpa upaya. Hanya saja saat ini, Kementerian Dalam Negeri pun tengah melakukan proses lelang untuk pengadaan blanko.

Masriah mengimbau kepada warga Bontang untuk mengurungkan niatnya melakukan perekaman KTP-el. “Saat ini blanko Disdukcapil masih kosong dan di Kementerian Dalam Negeri pusat pun masih dalam proses pelelangan,” tuturnya.
Bagi warga yang sedang mengurus dan sudah pernah melakukan perekaman untuk e-KTP, baik wilayah Bontang maupun di luar Bontang akan diterbitkan surat keterangan untuk pegangan.
Sedangkan bagi warga yang belum pernah melakukan perekaman diharapkan melakukan perekaman di kecamatan masing-masing.
Selain itu, bagi warga yang memiliki KTP yang masih berlaku (belum seumur hidup) untuk sementara tidak diperbolehkan mendaftar guna mendapatkan e-KTP yang baru (seumur hidup).
“Kami sudah menghimbau warga untuk sementara mereka bisa menggunakan KTP yang ada masa aktifnya sebelum diterbitkan KTP-el seumur hidup. Sampai blanko sudah ada,” pungkasnya. (ram914)

sumber :http://www.korankaltim.com/disdukcapil-kehabisan-blanko-ktp-el/