Meski Delapan Ribu Warga Sudah Lakukan Perekaman

Eka Dedy Anshariddin (DOK/BONTANG POST)

PROKAL.CO, BONTANG – Hingga kini, stok blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik  (KTP-el) masih kosong di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapi) Bontang. Padahal, saat ini tercatat 8000 warga sudah melakukan perekaman.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Bontang Eka Dedy Anshariddin mengatakan, jumlah 8000 warga tersebut merupakan kalkulasi dari  Oktober hingga bulan ini. Dirinya menyebut, kosongnya blangko dikarenakan masih dalam proses lelang di Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil).  “Ini sudah memasuki lelang yang ketiga, karena lelang pertama di November dan kedua Februari semuanya gagal,” jelasnya, Senin (27/3) kemarin.

Dia menambahkan, meski demikian, warga Bontang yang belum memiliki KTP-el masih dimudahkan dalam pelayanan publik, seperti mengurus kartu Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan,  kepolisian, dan perbankan.  Asalkan memiliki  surat keterangan sudah melakukan perekaman KTP-el dari Disdukcapil. 

“Surat keterangan sementara ini karena hanya berbahan kertas,  apabila mengalami kerusakan bisa saja diganti di Disdukcapil,” tuturnya.

Kemudian apabila blangko sudah tersedia, dari pengajuan 10 ribu keping, biasanya pusat hanya memberikan sebanyak seribu hingga tiga ribu keping ke Bontang. Melihat  jumlah tersebut, tentunya tidak mencukupi jumlah yang sudah melakukan perekaman saat ini. Maka dari itu, dari Disdukcapil hanya mencetak KTP-el bagi warga Bontang yang sudah mengajukan permohonan yang lengkap dengan sang pemohonnya.  “Jadi bila ingin mencetak KTP-el,  warga bisa ke loket dan akan diverifikasi oleh petugas,” tutupnya. (ver) 

sumber : http://bontang.prokal.co/read/news/11304-sampai-saat-ini-blangko-ktp-el-masih-proses-lelang.html