Pengumuman

Info Dukcapil :

1.    Semua KTP-el berlaku seumur hidup, meski di dalam kolom terdapat tanggal kedaluwarsanya. Hal ini ditegaskan dalam UU No. 24 Tahun 2013 tentang Adm.Kependudukan Pasal 64 ayat 7a ( Kecuali KTP-el rusak atau hilang baru diganti ) Gratis !

 

 

2.    Sesuai Perpres No. 2 Tahun 2015 Target Nasional Kepemilikan Akta Kelahiran tahun 2016 harus 77,5 %, diharapkan warga yang memiliki anak berumur 0-18 tahun untuk mencatatkan Akta Kelahiran Anak nya di Disdukcapil Kota Bontang. Gratis !  

SURAT EDARAN
NOMOR : 470/118/DKPS.3

TENTANG
PROSEDUR PENDAFTARAN PENDUDUK BAGI PENDUDUK PENDATANG

Menindaklanjuti hasil evaluasi pelayanan khusus untuk penduduk pendatang, maka kami sampaikan hal – hal sebagai berikut :

    • Berdasarkan Peraturan Walikota Bontang Nomor : 16 Tahun 2009 tentang Prosedur dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil Bahwa setiap kedatangan penduduk harus melaporkan Ke Ketua RT setempat paling lambat 2 x 24 jam.
    • Bagi penduduk pendatang yang tidak ingin mentap di Kota bontang dan ber KTP Bontang karena tinggal sementara, maka setelah melapor Ke RT selanjutnya pihak Kelurahan menerbitkan Surat Keterangan Domisili yang berlaku 6 (enam) bulan yang ditandatangani Lurah diketahui Camat dan ditembuskan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bontang sebagai bahan registrasi pendatang.
    • Dengan diberlakukannya Peraturan Daerah Kota Bontang Nomor : 03 Tahun 2008 tentang Administrasi Kependudukan dan Perubahannya, bahwa Surat Keterangan Tanda Lapor Diri (SKTLD) sudah tidak diberlakukan lagi dan tidak boleh diterbitkan oleh Ketua RT/Kelurahan.
    • Setiap hasil razia penduduk pendatang akan kita koordinasikan untuk mencari jalan pemecahan permasalahan (problem solving) sehingga tertib aturan dan tertib administrasi kependudukan.
    • Bagi penduduk pendatang yang bermaksud tinggal tetap di Kota Bontang harus membawa Surat Keterangan Pindah (SKP) dan Biodata resmi yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota daerah asal.
      • Demikian surat edaran ini kami sampaikan, untuk dijadikan pedoman sebagaimana mestinya.
    Plt. Sekretaris Daerah

TTD

H. M. Syirajudin, S.H., M.T.
Pembina Utama Muda
NIP. 196602081987011003

LAYANAN SMS

Layanan melalui SMS Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bontang :

Ketik Keterangan
SUARA<spasi><kritik/saran/pertanyaan> Untuk menyampaikan kritik/saran/pertanyaan ke kami
PENDUDUK<spasi>JUMLAH Untuk mengetahui jumlah penduduk Kota Bontang saat ini
PENDUDUK<spasi>LAKILAKI Untuk mengetahui jumlah penduduk laki-laki Kota Bontang saat ini
PENDUDUK<spasi>PEREMPUAN Untuk mengetahui jumlah penduduk perempuan Kota Bontang saat ini
PENDUDUK<spasi>KECUTR Untuk mengetahui jumlah penduduk Kec. Bontang Utara Kota Bontang saat ini
PENDUDUK<spasi>KECSLT Untuk mengetahui jumlah penduduk Kec. Bontang Selatan Kota Bontang saat ini
PENDUDUK<spasi>KECBRT Untuk mengetahui jumlah penduduk Kec. Bontang Barat Kota Bontang saat ini

Kirim ke : 082357672345

SEBAGAI PELAKSANAAN UU NOMOR 23 TAHUN 2006, PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 37 TAHUN 2007 DAN PERATURAN PRESIDEN NOMOR 25 TAHUN 2008, DISAMPAIKAN SEBAGAI BERIKUT :

  1. SANKSI ADMINISTRATIF : SETIAP PENDUDUK DIKENAKAN SANKSI ADMINISTRATIF BERUPA DENDA APABILA MELAMPAUI BATAS WAKTU PELAPORAN PERISTIWA PENTING PALING BANYAK 1.000.000,- (SATU JUTA RUPIAH).
  2. KETENTUAN PIDANA :
    • SETIAP PENDUDUK YANG DENGAN SENGAJA MEMALSUKAN SURAT DAN/ATAU DOKUMEN KEPADA INSTANSI PELAKSANA DALAM MELAPORKAN PERISTIWA KEPENDUDUKAN DAN PERISTIWA PENTING DIPIDANA DENGAN PIDANA PENJARA PALING LAMA 6 (ENAM) TAHUN DAN/ATAU DENDA PALING BANYAK Rp. 50.000.000,- (LIMA PULUH JUTA RUPIAH).
    • SETIAP ORANG YANG TANPA HAK DENGAN SENGAJA MENGUBAH, MENAMBAH ATAU MENGURANGI ISI ELEMEN DATA PADA DOKUMEN KEPENDUDUKAN DIPIDANA DENGAN PIDANA PENJARA PALING LAMA 2 (DUA) TAHUN DAN/ATAU DENDA PALING BANYAK Rp. 25.000.000,- (DUA PULUH LIMA JUTA RUPIAH).