Persyaratan Pelayanan

Perekaman dan Pencetakan KTP Elektronik (KTP-el)
- KK dan KTP Siak lama

Sistem Mekanisme dan Prosedur :

  1. Penduduk membawa KK dan KTP di TPDK Kecamatan untuk perekaman KTP-el
  2. Petugas melakukan verifikasi bio data yang bersangkutan apabila ada kekeliruan maka dilakukan edit data dengan dilampiri bukti pendukung ( akte kelahiran/ akta nikah/akta cerai/ ijazah )
  3. Apabila perubahan bio data menyangkut perubahan tanggal lahir dan jenis kelamin maka edit data harus dilakukan di data center server di Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil tetapi apabila di luar hal tersebut edit data bisa langsung dilakukan di Kecamatan
  4. Pemohon melakukan perekaman data e- KTP, sidik jari iris mata di Kecamatan
  5. Petugas di Dinas dan tenaga perbantuan kecamatan melakukan pencetakan e- KTP
  6. Pemohon bisa mengambil e-KTP di Disdukcapil dengan membawa resitanda bukti sudah perekaman dari Kecamatan l

Persyaratan Pelayanan :

  1. Penerbitan KTP baru bagi penduduk WNI syarat –syaratnya berupa :
    • Telah berusia 17 ( tujuh belas ) tahun atau sudah nikah atau pernah nikah
    • Surat Pengantar Kelurahan
    • Foto copy : KK, Kutipan akta kelahiran, kutipan akta nikah/buku nikah bagi penduduk yang belum berusia 17 ( Tujuh belas ) tahun.
    • FC : Ijazah terakhir pemohon
    • Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri ( SKDLN ) yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang datang dari luar negeri karena pindah
    • Dokumen pendukung lainnya
  2. Penerbitan KTP baru bagi Orang Asing yang memiliki Ijin Tinggal Tetap dengan syarat – syarat sebagai berikut :
    • Surat Pengantar Kelurahan
    • Kartu Keluarga
    • Kutipan Akta Kelahiran
    • Paspor dan Ijin Tinggal Tetap
    • Kutipan Akta Nikah/ Akta Cerai bagi penduduk yang belum berusia 17 ( tujuhbelas ) tahun
    • Buku Catatan Orang Asing ( BOA )
    • Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  3. Penerbitan KTP karena hilang atau rusak bagi penduduk WNI atau WNA syarat – syaratnya berupa :
    • Surat Pengantar dari Kelurahan
    • Surat Keterangan dari Kepolisian Setempat
    • Foto copy Kartu Keluarga
    • Paspor dan Ijin Tempat Tinggal bagi Orang Asing
  4. Penerbitan KTP karena pindah datang bagi penduduk WNI dan WNA yang mempunyai Ijin Tingggal Tetap, syarat – syaratnya berupa :
    • Surat Pengantar dari Kelurahan
    • Surat Keterangan Pindah ( SKP ) dari Daerah asal ( kab/kota lain ) atau Surat Keterangan Pindah ( SKP ) antar Kecamatan dan antar Kelurahan
    • Mengisi F1.01 untuk pindahan dari Kab/Kota lain.
    • Kartu Keluarga dan KTP Asli
    • FC Kutipan Akta Kelahiran
    • FC Kutipan Akta Nikah/ Buku Nikah/ Akta cerai
    • Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah
  5. Penerbitan KTP karena perpanjangan bagi penduduk WNI atau Orang Asing yang memiliki Ijin Tinggal Tetap, syarat – syaratnya berupa :
    • Surat Pengantar dari Kelurahan
    • Foto Copy Kartu Keluarga
    • KTP yang habis masa berlakunya ,
    • Fotocopy Paspor, Kartu Ijin Tinggal Tetap dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian bagi Orang Asing yang memiliki Ijin Tinggal Tetap.
  6. Penerbitan KTP karena adanya perubahan data bagi penduduk WNI atau Orang Asing yang memiliki Ijin Tinggal Tetap, syarat –syaratnya berupa :
    • Surat Pengantar dari kelurahan
    • KTP lama
    • Surat Keterangan/ Bukti perubahan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting ( Buku Nikah/ Akta Nikah, Akta Cerai, Akta kelahiran/ ijazah dll )

Sistem Mekanisme dan Prosedur sebagai berikut :

  1. Penduduk mengsisi dan menandatangani formulir permohonan KTP WNI
  2. Penduduk membawa surat pengantar dari RT
  3. Petugas registrasi kelurahan melakukan verifikasi dan validasi data
  4. Petugas registrasi mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting ( Buku Register )
  5. Lurah/ Kasi Kelurahan menandatangani formulir permohonan KTP
  6. Petugas registrasi menyerahkan formulir permohonan KTP kepada Penduduk untuk dilaporkan kepada Kecamatan / Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Pelaksanaannya dilakukan di Kecamatan / Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan cara :

  1. Penduduk menyampaikan formulir permohonan KTP yang dilampiri dengan kelengkapan berkas persyaratan sebagai dasar penerbitan KTP
  2. Petugas verifikator melakukan verifikasi dan validasi data penduduk
  3. Petugas operator melakukan entry perekaman data ke dalam data base kependudukan
  4. Petugas operator melakukan pencetakan KTP
  5. Kasi KK dan KTP melakukan paraf KTP samping kiri
  6. Kabid Pendaftaran dan Pendataan Penduduk melakukan paraf KTP samping kanan
  7. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menandatangani dan menerbitakn KTP
  8. Petugas menyerahkan KTP kepada pemohon
  9. Dalam hal KTP diterbitkan karena pindah datang atau perpanjangan atau adanya perubahan data bagi WNI atau WNA, KTP lama ditarik oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil .

 

Dalam hal KTP dimuat pas photo berwarna dari penduduk yang bersangkutan ketentuannya :

  1. Penduduk yang lahir pada tahun ganjil , latar belakang pas photo berwarna merah;
  2. Penduduk yang lahir genap pada tahun genap, latar belakang pas photo berwarna biru
  3. Pas photo berukuran 2x3 dengan ketentuan 70 % tampak wajah dan dapat menggunakan jilbab.

Jangka Waktu : 1- 4 hari Kerja

Biaya/ Tarif : Gratis / Tidak dipungut Biaya