1.4      Surat Keterangan Pindah  (SKP)

Klasifikasi :      1. Dalam satu kelurahan ;

2.  Antar satu Kelurahan dalam satu Kecamatan ;

3.  Antar Kecamatan dalam satu Kota ;

4.  Antar Kota dan Antar Propinsi ;

5.  Pindah Datang WNA dalam satu Kota;

6.  Pindah Datang WNA Antar Kota atau Antar Propinsi ; 

a.    Syarat-syaratnya adalah :

1.    Surat Pengantar   Pindah Kelurahan ;

2.    KK asli ;

3.    KTP asli ;

4.    Dokumen peristiwa kependudukan dan peristiwa penting pendukung lainnya ;

b.    Masa berlaku dan lama waktu penyelesaian :

-       Masa berlaku SKP : 30 ( tiga puluh ) hari kerja.

c.    Prosedur :

1.    Dalam Satu Kelurahan

-       Penduduk datang ke Kelurahan dengan membawa persyaratan ;

-       Kepala Kelurahan/ Kasi Pemerintahanmenerbitkan Surat Keterangan Pindah  (SKP);

Pada saat SKP diserahkan oleh Kelurahan ;

Ø  KTP yang bersangkutan dibawa pemohon  untuk diserahkan  kepada Kecamatan  ;

Ø   Kemudian memproses KTP dan KK dengan alamat baru ;

-       Pemohon  meneruskan berkas permohonan KK dan KTP ke Kecamatan dan menyerahkan SKP ke Tempat Pencatatan Data Kependudukan (TPDK) ;

-       Kecamatan memproses penerbitan KK dan KTP dari Kelurahan .

-       Apabila data pemohon kena validasi ( terhapus  ) maka diklarifikasi di Disdukcapil

-       Petugas menyerahkan KK dan KTP

 

2.    Antar Kelurahan dalam Satu Kecamatan.

a.   Kelurahan Asal.

Ø  Penduduk datang ke Kelurahan dengan membawa persyaratan ;

Ø Kepala Kelurahan/ Kasi Pemerintahan menerbitkan Surat Keterangan Pindah (SKP)dan menyerahkan kepada penduduk untuk dilaporkan ke daerah tujuan.

-     Pada saat SKP diserahkan oleh Kelurahan kepada penduduk ;

Ø  KTP yang bersangkutan dilampirkan  untuk diserahkan kepada Disdukcapil ;

 

b.  Kelurahan Tujuan

Ø  Penduduk melapor ke Kelurahan dengan menyerahkan  Fotocopy SKP dari daerah asal   ;

Ø  Kepala Kelurahan Menerbitkan Pengantar Permohonan KK dan KTP  ;

Ø  Petugas Kecamatan memproses penerbitan KK dan KTP;

Ø  Petugas menyerahkan KK dan KTP kepada pemohon

 

3.    Antar Kecamatan dalam Satu Kota.

a.  Kecamatan Asal

Ø Penduduk datang ke Kelurahan dengan membawa persyaratan ;

Ø Kepala Kelurahan / Kasi Pemerintahanmenandatangani Surat Pengantar Pindah   ;

Ø Camat menerbitkan SKP dan menyerahkan kepada penduduk untuk dilaporkan ke daerah tujuan.

Pada saat SKP diserahkan oleh kecamatan kepada pemohon  ;

-     KTP yang bersangkutan  diserahkan kepada Kecamatan tujuan

-     SKP sebagai pengganti KTP selama KTP baru belum diterbitkan

 

b.  Kecamatan Tujuan

Ø  Penduduk melapor ke Kelurahan dengan menyerahkan SKP dari daerah asal

Ø  Kepala Kelurahan menandatangi formulir Permohonan KK dan KTP  

Ø  Petugas Register mencatat registrasi pindah datang dan mengambil KK dan KTP asli

Ø  Petugas Kecamatan menerbitkan  permohonan KK dan KTP

Ø  Petugas menyerahkan KK dan KTP kepada pemohon

 

c.   Antar Kota dan antar Propinsi.

Kota / Propinsi asal

Ø  Penduduk datang ke kelurahan dengan membawa persyaratan;

Ø  Kepala kelurahan / Kasi Pemerintahan menandatangani surat pengantar pindah antar kota/prop;

Ø  Petugas Register kelurahan menunjukan surat pengantar pindah, formulir permohonan pindah WNI dan berkas permohonan KK bagi yang tidak pindah;

Ø  Petugas Disduk capil mengambil KK dan KTP pemohon

Ø  Petugas Disdukcapil mencetak SKP dan bio data penduduk

Ø  Ka. Disdukcapil menandatangani SKP dan bio data

Ø  Petugas menyerahkan  SKP  dan bio penduduk  kepada penduduk untuk dilaporkan ke daerah tujuan, serta menerbitkan KK bagi yang tidak pindah.

Ø  KTP dan KK yang bersangkutan dimusnahkan oleh Disdukcapil;

 

1.4.1.    PindahDatangOrang Asing Yang Memiliki Ijin Tinggal Tetap yang bermaksud Pindah Dalam Kota

a.  Syarat – syaratnya:

ØKK;

ØKTP untuk orang asing;

ØFotokopy paspor dengan menunjukan aslinya;

ØFotokopy kartu ijin tinggal tetap;

ØMenunjukkan buku pengawasan orang asing;

ØSurat keterangan catatan kepolisian.

b.  Masa berlaku dan lama waktu penyelesaian

Lama waktu penyelesaian                        :    1 hari

Masa berlaku                                            :  disesuaikan KITAP   

c.  Prosedur :

ØOrang asing melapor kepada kepala Disdukcapil dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut di atas;

ØOrang asing mengisi dan menandatangani formulir permohonan KK dan KTP ;

ØPetugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data;

ØKepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil menandatangani Surat Keterangan Pindah Datang sebagai dasar untuk :

-     Perubahan KK bagi kepala/anggota keluarga dalam KK yang tidak pindah ;

-     Penerbitan surat keterangan tempat tinggal dengan alamat baru bagi orang asing yang memiliki ijin tempat tinggal terbatas ; atau

-     Penerbitan KK dan KTP dengan alamat baru bagi orang asing yang memiliki ijin tinggal tetap.

ØPetugas merekam data dalam database kependudukan ;

ØPetugas menyampaikan lembar kedua Surat Keterangan Pindah Datang kepada Lurah tempat tinggal asal ;

ØDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyampaikan data Surat Keterangan  Pindah  Orang Asing kepada Camat dan Lurah.

 

1.4.2.    Pindah Datang Orang Asing yang memiliki Ijin Tinggal Terbatas / Tetap yang bermaksud Pindah Antar Kota dalam Satu Propinsi atau Antar Propinsi

a. Syarat – syaratnya :

Ø  KK;

Ø  KTP untuk orang asing;

Ø  Fotokopy paspor dengan menunjukan aslinya;

Ø  Fotokopy kartu ijin tinggal tetap;

Ø  Menunjukkan buku pengawasan orang asing;

Ø  Surat keterangan catatan kepolisian.

 

b. Prosedur :

Ø  Orang Asing melapor kepada Kepala Disdukcapil dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut di atas;

Ø  Orang Asing mengisi dan menandatangani Form Surat Keterangan Pindah ;

Ø  Petugas melakukan verifikasi dan validasi data;

Ø  Kepala Disdukcapil menandatangani Surat Keterangan Pindah  dan menyerahkan kepada Orang Asing untuk dilaporkan ke daerah tujuan serta digunakan sebagai Orang Asing untuk dilaporkan ke daerah tujuan serta digunakan sebagai dasar perubahan KK bagi kepala/anggota keluarga dalam KK yang tidak pindah.

Ø  Petugas merekam data dalam database kependudukan ;

Ø  Orang Asing melaporkan kedatangannya kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatan Sipil daerah tujuan dan menyerahkan  Surat Keterangan Pindah  ;

Ø  Petugas melakukan verifikasi dan validasi data ;

Ø  Kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil menandatangani Surat Keterangan Pindah  sebagai dasar :

-       Penerbitan KK dan KTP dengan alamat baru bagi Orang Asing yang memiliki Ijin Tinggal Tetap ;

-       Penerbitan surat keterangan tempat tinggal dengan alamat baru bagi orang asing yang memiliki ijin tempat tinggal terbatas ;

Ø  Petugas merekam data dalam database kependudukan ;

Ø  Dinas  kependudukan dan pencatatan sipil menyampaikan data Pindah Datang Orang Asing kepada Camat dan Lurah.