Penerbitan Kartu Keluarga (KK) :

  1. Penduduk Warga Negara Indonesia yang mau berdomisili di Kota Bontang wajib melaporkan susunan keluarganya kepada Instansi Pelaksana melalui RT, Lurah dan Camat.
  2. Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap wajib melaporkan susunan keluarganya kepada Instansi Pelaksana.
  3. Pelaporan sebagaimana dimaksud pada point (1) dan point (2) sebagai dasar untuk penerbitan KK.
  4. Penerbitan KK baru bagi penduduk sebagaimana dimaksud dilakukan setelah memenuhi syarat berupa:
    1. Izin Tinggal Tetap bagi Orang Asing;
    2. Fotokopi atau menunjukkan Kutipan Akta Nikah/ Kutipan Akta Perkawinan;
    3. Surat Keterangan Pindah/Surat Keterangan Pindah Datang bagi penduduk yang pindah dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diterbitkan instansi pelaksana atau;
    4. Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana bagi Warga Negara Indonesia yang datang ke Kota Bontang dari luar negeri karena pindah.
  5. Penduduk Warga Negara Indonesia yang akan berdomisili di Kota Bontang menyerahkan persyaratan :
    1. Izin Tinggal Tetap bagi Orang Asing;
    2. Fotokopi atau menunjukkan Kutipan Akta Nikah/ Kutipan Akta Perkawinan;
    3. Surat Keterangan Pindah/Surat Keterangan Pindah Datang bagi penduduk yang pindah dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diterbitkan instansi pelaksana atau;
    4. Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana bagi Warga Negara Indonesia yang datang ke Kota Bontang dari luar negeri karena pindah.
  6. Perubahan KK karena penambahan anggota keluarga dalam KK bagi penduduk yang mengalami kelahiran, dilakukan setelah memenuhi syarat berupa:
    1. KK lama; dan
    2. Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan.
  7. Perubahan KK karena penambahan anggota keluarga untuk menumpang ke dalam KK bagi penduduk Kota Bontang dilakukan setelah memenuhi syarat berupa:
    1. KK lama;
    2. KK yang akan ditumpangi;
    3. Surat Keterangan Pindah Datang bagi penduduk yang pindah dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diterbitkan Instansi Pelaksana ; dan/atau
    4. Surat keterangan Datang dari Luar Negeri bagi Warga Negara Indonesia yang datang ke Bontang dari Luar Negeri karena pindah.
  8. Perubahan KK karena penambahan anggota keluarga bagi Orang Asing yang memiliki Izin Tiggal Tetap untuk menumpang ke dalam KK warga Negara Indonesia atau Orang Asing dilakukan setelah memenuhi syarat berupa:
    1. KK lama atau KK yang ditumpangi;
    2. Paspor;
    3. Izin Tinggal Tetap; dan
    4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian bagi Orang Asing Tinggal Tetap.
  9. Perubahan KK karena pengurangan anggota keluarga dalam KK karena perpindahan dan kematian bagi penduduk Kota Bontang dilakukan setelah memenuhi syarat berupa:
    1. KK lama;
    2. Surat Keterangan Kematian; atau
    3. Surat Keterangan Pindah/Surat Keterangan Pindah Datang bagi penduduk yang pindah dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diterbitkan Instansi Pelaksana.
  10. Penerbitan KK karena hilang atau rusak bagi penduduk Kota Bontang dilakukan setelah memenuhi syarat berupa:
    1. Surat Keterangan kehilangan dari Lurah;
    2. KK yang Rusak;
    3. Fotokopi atau menunjukkan dokumen kependudukan dari salah satu anggota keluarga; atau
    4. Dokumen keimigrasian bagi Orang Asing
  11. Proses penerbitan atau perubahan KK di Kelurahan sebagaimana dilakukan dengan tata cara:
    1. Penduduk mengisi dan menandatangani formulir permohonan KK;
    2. Petugas registrasi mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa penting;
    3. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk;
    4. Lurah menandatangani formulir permohonan KK; dan
    5. Petugas registrasi meneruskan berkas formulir permohonan KK kepada Camat sebagai dasar proses penerbitan atau perubahan KK di Kecamatan.
  12. Proses penerbitan atau perubahan KK di Kecamatan dilakukan dengan tata cara:
    1. Petugas melakukan verifikasi dan validasi data penduduk;
    2. Camat menandatangani formulir permohonan KK;
    3. Petugas menyampaikan formulir permohonan KK yang dilampiri dengan kelengkapan berkas persyaratan kepada Instansi Pelaksana;
    4. Proses penerbitan KK dilakukan di TPDK Kecamatan.
  13. Penerbitan atau perubahan KK di Instansi Pelaksana dilakukan dengan tata cara:
    1. Petugas melakukan perekaman data ke dalam database kependudukan;
    2. Kepala Instansi Pelaksana menerbitkan dan menandatangani KK.
    3. Proses penerbitan KK dilakukan di Tempat Perekaman Data Kependudukan Instansi Pelaksana.
  14. Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap wajib melapor kepada Instansi Pelaksana dengan menyerahkan persyaratan
    1. Izin Tinggal Tetap bagi Orang Asing;
    2. Fotokopi atau menunjukkan Kutipan Akta Nikah/ Kutipan Akta Perkawinan;
    3. c. Surat Keterangan Pindah/Surat Keterangan Pindah Datang bagi penduduk yang pindah dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diterbitkan instansi pelaksana atau;
    4. Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana bagi Warga Negara Indonesia yang datang ke Kota Bontang dari luar negeri karena pindah.
  15. Instansi Pelaksana memproses penerbitan atau perubahan KK dengan tata cara:
    1. penduduk mengisi dan menandatangani Formulir Permohonan KK( F1.06
    2. petugas melakukan verifikasi dan validasi data penduduk;
    3. petugas menandatangani Formulir Permohonan KK;
    4. petugas melakukan perekaman data ke dalam database kependudukan.
  16. Kepala Instansi Pelaksana menerbitkan dan menandatangani KK.
  17. Proses penerbitan dilakukan di Tempat Perekaman Data Kependudukan Instansi Pelaksana.