1. Persyaratan tata cara perpindahan Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas dan orang asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap dalam Wilayah Kota Bontang dilakukan dengan memperhatikan klasifikasi perpindahan penduduk.
  2. Klasifikasi perpindahan orang asing sebagaimana dimaksud pada point (1)adalah sebagai berikut:
    1. antar kelurahan;
    2. antar kecamatan;
    3. antar kabupaten/kota;
  3. Pelaporan pendaftaran Pindah Datang Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap dalam wilayah Kota Bontang, dilakukan dengan memenuhi syarat sebagai berikut:
    1. KK;
    2. KTP untuk orang asing;
    3. Fotokopi Paspor dengan menunjukkan aslinya;
    4. Fotokopi Kartu Izin Tinggal Tetap;
    5. Menunjukkan buku Pengawasan Orang Asing; dan
    6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian.
  4. Pelaporan pendaftaran Pindah Datang Orang Asing yang memiliki Izin tinggal Terbatas dalam wilayah Kota Bontang, dilakukan dengan memenuhi syarat sebagai berikut:
    1. Surat Keterangan Tempat Tinggal;
    2. Fotokopi Paspor;
    3. Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas; dan
    4. Surat Keterangan Catatan kepolisian.
  5. Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas atau Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap yang bermaksud pindah dengan klasifikasi sebagaimana dimaksud dalam point (2) huruf a, melapor kepada Kepala Instansi Pelaksana dengan membawa persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Point ( 3 & 2).
  6. Pendaftaran Orang Asing di Instansi Pelaksana sebagaimana dimaksud pada point (5) dilakukan dengan tata cara:
    1. Orang Asing mengisi dan menandatangani Formulir Surat keterangan Pindah Datang;
    2. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data;
    3. Kepala Instansi Pelaksana menandatangani Surat Keterangan Pindah Datang;
    4. Petugas merekam data dalam database kependudukan; dan
    5. Petugas menyampaikan lembar kedua Surat Keterangan Pindah Datang kepada lurah tempat tinggal asal.
  7. Surat Keterangan Pindah Datang sebagaimana dimaksud pada point (6) huruf c digunakan sebagai dasar:
    1. Perubahan KK bagi kepala/anggota keluarga dalam KK yang tidak pindah;
    2. Penerbitan Surat Keterangan Tempat Tinggal dengan alamat baru bagi Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas; atau
    3. Penerbitan KK dan KTP dengan alamat baru bagi Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap.
  8. Instansi Pelaksana menyampaikan data Pindah Datang Orang Asing kepada Camat dan Lurah.
  9. Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas atau Orang Asing yang memilki Izin Tinggal tetap yang bermaksud pindah dengan klasifikasi sebagaimana dimaksud dalam point (2) huruf b dan huruf c, melapor kepada Kepala Instansi Pelaksana dengan membawa persyaratan sebagaimana dimaksud dalam point (3 & 2).
  10. Pendaftaran Orang Asing di Instansi Pelaksana sebagaimana dimaksud pada point (9) dilakukan dengan tata cara:
    1. Orang Asing mengisi dan menandatangani Formulir Surat Keterangan Pindah Datang;
    2. Petugas melakukan verifikasi dan validasi data;
    3. Kepala Instansi Pelaksana menandatangani Surat Keterangan Pindah Datang dan menyerahkan kepada Orang Asing untuk dilaporkan ke Camat atau daerah tujuan; dan
    4. Petugas merekam data dalam database kependudukan.
  11. Surat Keterangan Pindah Datang sebagaimana dmaksud pada point (10) huruf c digunakan sebagai dasar perubahan KK bagi kepala/anggota keluarga dalam KK yang tidak pindah.
  12. Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas atau Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap yang bermaksud pindah datang ke Kota Bontang dengan klasifikasi sebagaimana dimaksud dalam point (2) huruf b dan huruf c, melaporkan kedatangannya kepada Kepala Instansi Pelaksana dengan menyerahkan Surat Keterangan Pindah Datang.
  13. Pendaftaran Orang Asing di Instansi pelaksana sebagaimana dimaksud pada point (12) dilakukan dengan tata cara:
    1. Petugas melakukan verifikasi dan validasi data;
    2. Kepala Instansi pelaksana menandatangani Surat Keterangan pindah Datang; dan
    3. Petugas merekam data dalam database kependudukan.
  14. Surat Keterangan Pindah Datang sebagaimana dimaksud pada point (13) huruf b digunakan sebgai dasar:
    1. penerbitan KK dan KTP dengan alamat baru bagi Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal tetap; atau
    2. Penerbitan Surat Keterangan Tempat Tinggal dengan alamat baru bagi Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas.
  15. Instansi Pelaksana menyampaikan data Pindah Datang Orang Asing kepada Camat dan Lurah.