1. Penerbitan KTP baru bagi Penduduk Warga Negara Indonesia Kota Bontang dilakukan setelah memenuhi syarat berupa:
    1. Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun atau sudah kawin atau pernah kawin;
    2. Surat Pengantar RT dan Lurah;
    3. Fotokopi:
    4. KK;
    5. Kutipan Akta Nikah/Buku Nikah bagi penduduk yang belum berusia 17 (tujuh belas) tahun;
    6. Kutipan Akta Kelahiran; dan
    7. Surat Keterangan datang dari Luar Negeri yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana bagi penduduk Kota Bontang yang datang dari luar negeri karena pindah.
  2. Penerbitan KTP baru bagi Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap, dilakukan setelah memenuhi syarat berupa:
    1. Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun atau sudah kawin atau pernah kawin;
    2. Fotokopi:
      1. KK;
      2. Kutipan Akta Nikah bagi penduduk yang belum berusia 17 (tujuh belas) tahun tapi sudah menikah;
      3. Paspor dan Izin Tinggal Tetap; dan
      4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian.
  3. Penerbitan KTP karena hilang atau rusak bagi penduduk Kota Bontang , dilakukan setelah memenuhi syarat berupa:
    1. Surat keterangan kehilangan dari kepolisian atau KTP yang rusak;
    2. Fotokopi KK;
    3. dan Paspor dan Izin Tinggal Tetap bagi Orang Asing.
  4. Penerbitan KTP karena pindah bagi penduduk Kota Bontang dan pindah datang bagi penduduk dari luar Kota Bontang, dilakukan setelah memenuhi syarat berupa:
    1. Surat Keterangan Pindah dari Kelurahan / Kecamatan bagi perpindahan penduduk dalam Kota Bontang;
    2. Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri bagi penduduk Kota Bontang yang datang dari luar negeri karena pindah.
    3. Surat Keterangan pindah yang diterbitkan instansi pelaksana dari daerah asal bagi penduduk pendatang;
  5. Penerbitan KTP karena perpanjangan bagi penduduk Warga Negara Indonesia atau Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap, dilakukan setelah memenuhi syarat berupa:
    1. Fotokopi KK;
    2. KTP lama; dan
    3. Fotokopi Paspor, Izin Tinggal Tetap, dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian bagi Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap.
  6. Penerbitan KTP karena adanya perubahan data bagi penduduk Warga Negara Indonesia atau Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap, dilakukan setelah memenuhi syarat berupa:
    1. fotokopi KK;
    2. KTP lama; dan
    3. Surat keterangan/ bukti perubahan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting.
  7. Penerbitan KTP bagi penduduk pindah datang dari luar kota Bontang sebagaimana dimaksud dalam point (4) dilaksanakan secara on line di Tempat Perekaman Data Kependudukan Instansi Pelaksana.
  8. Permohonan KTP Warga Negara Indonesia Kota Bontang disampaikan kepada RT dan Lurah dengan menyerahkan persyaratan sebagaimana dimaksud dalam point (1 s/d 7).
    1. Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun atau sudah kawin atau pernah kawin;
    2. Surat Pengantar RT dan Lurah;
    3. Fotokopi:
      1. KK;
      2. Kutipan Akta Nikah/Buku Nikah bagi penduduk yang belum berusia 17 (tujuh belas) tahun;
      3. Kutipan Akta Kelahiran; dan
      4. Surat Keterangan datang dari Luar Negeri yang diterbitkan oleh Instansi
      5. Pelaksana bagi penduduk Kota Bontang yang datang dari luar negeri karena pindah.
  9. Proses penerbitan KTP di Kelurahan sebagaimana dimaksud pada point (8), dilakukan dengan tata cara:
    1. Penduduk mengisi dan menandatangani formulir permohonan KTP ( F1.07 );
    2. Petugas registrasi mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting;
    3. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data;
    4. Lurah menandatangani formulir permohonan KTP;
    5. Petugas registrasi menyerahkan formulir permohonan KTP kepada penduduk untuk dilaporkan kepada camat.
  10. Proses penerbitan KTP di Kecamatan sebagaimana dimaksud pada point (9) huruf e, dilakukan dengan tata cara:
    1. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk;
    2. Camat menandatangani formulir permohonan KTP;
    3. Petugas registrasi menyampaikan formulir permohonan KTP yang dilampiri dengan kelengkapan berkas persyaratan kepada Instansi Pelaksana sebagai penerbit KTP.
  11. Penerbitan KTP di Instansi Pelaksana sebagaimana dimaksud pada point (10) huruf c, dilakukan dengan tata cara:
    1. Petugas registrasi melakukan perekaman data ke dalam database kependudukan;
    2. Instansi Pelaksana menerbitkan dan menandatangani KTP.
    3. Penerbitan KTP untuk yang mengurus baru maupun perpanjangan penduduk Bontang dilakukan di Tempat Perekaman Data Kependudukan secara on line di Kecamatan dan Instansi Pelaksana.
  12. Permohonan KTP Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap disampaikan kepada kepada Instansi Pelaksana dengan membawa persyaratan sebagaimana dimaksud dalam point (2) dan point (1 s/d 7).
  13. Instansi Pelaksana memproses Penerbitan KTP Orang Asing sebagaimana dimaksud pada point (12), dengan tata cara:
    1. Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap mengisi dan menandatangani formulir permohonan KTP Orang Asing;
    2. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk;
    3. Petugas registrasi melakukan perekaman data ke dalam database kependudukan;
    4. Kepala Instansi Pelaksana menerbitkan dan menandatangani Kartu Tanda Penduduk.
  14. Dalam hal KTP diterbitkan karena perpanjangan, KTP lama ditarik oleh Instansi Pelaksana yang menerbitkannya.
  15. Dalam KTP dimuat pas photo berwarna dari penduduk yang bersangkutan, dengan ketentuan:
    1. penduduk yang lahir pada tahun ganjil, latar belakang pas photo berwarna merah; atau
    2. penduduk yang lahir pada tahun genap, latar belakang pas photo berwarna biru.
  16. Pas photo sebagaimana dimaksud pada point (15) berukuran 2 × 3 cm dengan ketentuan 70% tampak wajah dan dapat menggunakan jilbab.