Kependudukan

Persyaratan Pelayanan

  1. Penerbitan KK baru bagi penduduk dengan syarat- syarat sebagai berikut :
    • Surat Pengantar Kelurahan
    • Mengisi Formulir F1.06
    • Surat Keterangan Pindah ( SKP )
    • Biodata Penduduk ( Lampiran SKP )
    • Foto Copy Kutipan akta Nikah / Foto Copy Kutipan Akta Cerai
    • Foto Copy Akta Kelahiran ( apabila ada )
    • Foto copy Ijasah terakhir ( apabila ada )
    • Surat Keterangan Datang dar Luar Negeri yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipilk bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah
    • Kartu Ijin Tinggal Terbatas ( bagi orang asing )
    • Paspor ( bagi orang asing )
    • Buku Pengawasan Orang Asing ( BPOA )
  2. Perubahan KK karena penambahan anggota baru keluarga dalam KK bagi penduduk syarat – syaratnya berupa :
    • Surat Pengantar Kelurahan
    • Mengisi Formulir F1.01
    • KK lama
    • Kutipan Akta Kelahiran anggota baru keluarga
  3. Perubahan KK karena penambahan anggota keluarga untuk menumpang dalam KK bagi penduduk WNI syarat – syaratnya berupa :
    • Surat Pengantar Kelurahan
    • KK yang akan ditumpangi
    • Mengisi Formulir F1.08 ( Perubahan KK )
    • Surat Keterangan Pindah dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
    • Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri ( SKDLN ) bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah.
  4. Perubahan KK karena penambahan anggota keluarga bagi Orang Asing yang memiliki Ijin Tinggal Tetap untuk menumpang ke dalam KK WNI atau orang asing syarat – syarat berupa :
    • Surat Pengantar Kelurahan
    • KK lama / KK yang akan ditumpangi
    • Paspor
    • Kartu Ijin Tinggal Tetap ( KITAP )
    • Buku Pengawasan Orang Asing ( BPOA )
  5. Perubahan KK karena pengurangan anggota keluarga dalam KK ( pecah KK karena menikah/cerai/ pindah /mati ) bagi penduduk syarat –syaratnya berupa :
    • Surat Pengantar Kelurahan
    • Mengisi Formulir F1.08
    • Surat Keterangan Kematian / Akta Kematian
    • Surat Keterangan Pindah ( SKP ) bagi penduduk yang pindah dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
  6. Penerbitan KK karena hilang atau rusak bagi penduduk syarat – syarat berupa :
    • Surat Keterangan Kehilangan dari kepolisian
    • KK yang rusak/ FC KK
    • Dokumen keimigrasian bagi orang asing

Sistem Mekanisme dan Prosedur sebagai berikut :

  1. Penduduk membawa surat pengantar dari Kelurahan
  2. Penduduk mengisi dan menandatangai formulir permohonan KK
  3. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk
  4. Petugas Registrasi mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa penting ( Buku Register )
  5. Lurah/ Kasi Pemerintahan menandatangani formulir permohonan KK
  6. Berkas dan formulir permohonan KK dibawa penduduk ke Kecamatan / Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  7. Petugas melakukan perekaman data ke dalam data base ( entry data )
  8. Petugas melakukan pencetakan dokumen KK
  9. Paraf Kasi Pem dan Sekretaris untuk penerbitan KK di Kecamatan
  10. Paraf oleh Kasi dan Kabid untuk penerbitan KK di disdukcapil
  11. Kepala Disdukcapil menerbitkan dan menandatangani dokumen KK penduduk .
  12. Penyerahan dokumen KK penduduk

Jangka Waktu : 1 - 4 hari Kerja

Biaya/ Tarif : Gratis / Tidak dipungut Biaya

Perubahan Biodata Penduduk

Persyaratan Pelayanan :

  1. Surat Pengantar dari Kelurahan
  2. Dilampiri dokumen administrasi Kependudukan :
    • Kutipan Akta Kelahiran
    • Ijazah / STTB
    • KK
    • KTP (KTP-el ) / KTP Siak
    • Kutipan Akta Perkawinan / Buku Nikah
    • Kutipan Akta Perceraian
    • Dokumen pendukung lainnya.
  3. Pencatatan biodata penduduk bagi WNI yang datang dari Luar Negeri berupa :
    • Paspor
    • Dokumen Pengganti Paspor
  4. Pencatatan biodata penduduk bagi Orang Asing yang memiliki ijin tinggal terbatas dan Orang Asing yang memiliki tinggal tetap, syaratnya berupa :
    • Paspor
    • Kartu Ijin Tinggal Terbatas/ Kartu Ijin Tinggal Tetap
    • Buku Pengawasan Orang Asing ( BPOA )

 

Sistem Mekanisme dan Prosedur sebagai berikut :

  1. Penduduk membawa surat pengantar dari Kelurahan
  2. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi formulir bio data penduduk serta merekam data ke dalam database kependudukan .
  3. Khusus untuk perubahan tanggal lahir dan jenis kelamin dikoordinasikan dulu dengan administrator data base
  4. Paraf oleh Kasi dan Kabid ( Verifikasi dan Validasi Dokumen )
  5. Kepala Disdukcapil menerbitkan dan menandatangani dokumen biodata penduduk melalui SIAK.
  6. Penyerahan dokumen bio data kependudukan

Jangka Waktu : 1 - 3 hari Kerja

Biaya/ Tarif : Gratis / Tidak dipungut Biaya

  1. Perpindahan penduduk antar negara, meliputi klasifikasi sebagai berikut:
    1. Penduduk Kota Bontang pindah ke luar negeri untuk menetap dalam jangka waktu 1 (satu) tahun atau lebih berturut-turut;
    2. Warga Negara Indonesia datang ke Bontang dari luar negeri karena pindah dan menetap di Indonesia;
    3. Orang Asing datang dari luar negeri dengan Izin Tinggal Terbatas; d. Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas atau Izin Tinggal tetap yang akan pindah ke luar negeri.

      Read more: Pendaftaran Pindah Datang Antar Negara

  1. Persyaratan tata cara perpindahan Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas dan orang asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap dalam Wilayah Kota Bontang dilakukan dengan memperhatikan klasifikasi perpindahan penduduk.
  2. Klasifikasi perpindahan orang asing sebagaimana dimaksud pada point (1)adalah sebagai berikut:
    1. antar kelurahan;
    2. antar kecamatan;
    3. antar kabupaten/kota;

      Read more: Pendaftaran Pindah Datang Orang Asing Dalam Wilayah Kota Bontang

  1. Persyaratan dan tata cara pendaftaran perpindahan penduduk Warga Negara Indonesia dalam Wilayah negara kesatuan Republik Indonesia dilakukan dengan memperhatikan klasifikasi perpindahan penduduk.
  2. Klasifikasi perpindahan penduduk sebagaimana dimaksud pada point (1), sebagai berikut:
    1. dalam satu kelurahan;
    2. antar kelurahan dalam satu kecamatan;
    3. antar kecamatan dalam satu kota;
    4. antar kabupaten atau kota dalam satu provinsi; atau
    5. antar propinsi.

      Read more: Pendaftaran Pindah Datang Penduduk WNI Dalam Wilayah NKRI

Subcategories