Kependudukan

1.6. Surat Keterangan Datang Keluar Negeri ( SKDLN ) untuk WNI & TKI

Persyaratan Pelayanan : 

Ø  Paspor / Dokumen  Pengganti Paspor

Sistem Mekanisme dan Prosedur sebagai berikut :

Ø  WNI  melapor ke Disdukcapil paling lambat 14 ( empatbelas hari ) sejak kedatangannya dengan membawa persyaratan )

Ø  WNI mengisi dan menandatangani form Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri

Ø  Petugas melakukan verifikasi dan validasi data

Ø  Kepala Disdukcapil menerbitkan dan menandatangani Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri , KK dan KTP

Ø  Petugas merekam data dalam database kependudukan

Ø  WNI yang telah mendapatkan KK dan KTP melaporkan kedatangannya kepada Camat, Lurah dan RT tempat domisili dengan menyerahkan Surat Keterangan Datang Dari Luar Negeri

Ø  Lurah melakukan pendaftaran WNI yang melaporkan kedatangannya dengan cara petugas registrasi mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting, Buku Induk Penduduk , dan Buku Mutasi Penduduk . 

 Jangka Waktu :

1 – 3 hari Kerja  

Biaya/ Tarif  :

Gratis / Tidak dipungut Biaya

1.5     Surat Keterangan Pindah Keluar Negeri ( SKPLN )

1.5.1.Surat Keterangan Pindah Keluar Negeri Untuk Orang Asing

Persyaratan Pelayanan :

Ø  KK dan KTP Bagi Orang Asing yang memiliki ijin tinggal tetap

Ø  Surat Keterangan Tempat Tinggal Bagi Orang Asing yang memiliki ijin tinggal terbatas

Sistem Mekanisme dan Prosedur sebagai berikut : 

Ø  Orang Asing yang memiliki Ijin Tinggal  Terbatas yang berubah status menjadi Ijin Tinggal Tetap , melapor kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut di atas

Ø  Orang Asing mengisi dan menandatangani Form Keterangan Pindah Ke Luar Negeri

Ø  Petugas melakukan verifikasi dan validasi data

Ø  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyimpan KK dan KTP Orang Asing atau Surat Keterangan Tempat Tinggal daro Orang Asing yang akan pindah

Ø  Petugas merekam data dalam data base kependudukan

Ø  Petugas menyampaikan formulir Keterangan Pindah Ke Luar Negeri kepada camat dan lurah tempat domisili

Ø  Lurah melakukan pendaftaran orang asing yang telah pindah ke luar negeri dimaksud petugas registrasi mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting, Buku Induk Penduduk dan Buku Mutasi Penduduk

 

1.5.2.  Surat Keterangan Pindah Keluar Negeri Untuk WNI / TKI 

Persyaratan Pelayanan :

Ø  Surat Pengantar pindah dari  Kelurahan

Ø  KK

Ø  KTP  

Mekanisme dan Prosedur :

a.    Kelurahan :

Ø  Penduduk WNI melapor ke Lurah dengan membawa persyaratan

Ø  Penduduk mengisi dan menandatangani formulir Surat Pengantar Pindah ke Luar Negeri

Ø  Petugas registrasi mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting ( Buku Register )

Ø  Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data penduduk

Ø  Lurah mengetahui dan menandatangani serta meneruskan Surat Pengantar Pindah ke Luar Negeri kepada Camat

Ø  Petugas registrasi mencatat dalam Buku Induk penduduk dan Buku Mutasi Penduduk

 

b.    Kecamatan :

Ø  Petugas melakukan verifikasi dan validasi data penduduk

Ø  Surat Pengantar Pindah ke Luar Negeri dari penduduk diketahui Camat dengan membubuhkan tanda tangan

Ø  Petugas meneruskan Surat Pengantar Pindah Ke Luar Negeri kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Ø  Petugas registrasi merekam dalam data base kependudukan  

c. Dispendukcapil :

Ø  Petugas  menerima Surat Pengantar Pindah Ke Luar Negeri dari penduduk disertai KK dan KTP

Ø  Petugas melakukan verifikasi dan validasi data penduduk

Ø  Kepala Dinas menerbitkan dan menandatangani Surat Keterangan Pindah ke Luar Negeri ( SKP LN )

Ø  Petugas registrasi mencabut KTP penduduk yang telah mendapat Surat Keterangan Pindah ke Luar Negeri

Ø  Dalam satu keluarga pindah ke luar negeri; KK penduduk yang pindah dicabut oleh Dinas

Ø  Dalam hal satu orang atau beberapa orang dari satu keluarga pindah ke luar negeri, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan perubahan KK bagi anggota keluarga yang tinggal .

  Jangka Waktu :

1 – 3  hari Kerja

 Biaya/ Tarif  :

Gratis / Tidak dipungut Biaya

 

1.4      Surat Keterangan Pindah  (SKP)

Klasifikasi :      1. Dalam satu kelurahan ;

2.  Antar satu Kelurahan dalam satu Kecamatan ;

3.  Antar Kecamatan dalam satu Kota ;

4.  Antar Kota dan Antar Propinsi ;

5.  Pindah Datang WNA dalam satu Kota;

6.  Pindah Datang WNA Antar Kota atau Antar Propinsi ; 

a.    Syarat-syaratnya adalah :

1.    Surat Pengantar   Pindah Kelurahan ;

2.    KK asli ;

3.    KTP asli ;

4.    Dokumen peristiwa kependudukan dan peristiwa penting pendukung lainnya ;

b.    Masa berlaku dan lama waktu penyelesaian :

-       Masa berlaku SKP : 30 ( tiga puluh ) hari kerja.

c.    Prosedur :

1.    Dalam Satu Kelurahan

-       Penduduk datang ke Kelurahan dengan membawa persyaratan ;

-       Kepala Kelurahan/ Kasi Pemerintahanmenerbitkan Surat Keterangan Pindah  (SKP);

Pada saat SKP diserahkan oleh Kelurahan ;

Ø  KTP yang bersangkutan dibawa pemohon  untuk diserahkan  kepada Kecamatan  ;

Ø   Kemudian memproses KTP dan KK dengan alamat baru ;

-       Pemohon  meneruskan berkas permohonan KK dan KTP ke Kecamatan dan menyerahkan SKP ke Tempat Pencatatan Data Kependudukan (TPDK) ;

-       Kecamatan memproses penerbitan KK dan KTP dari Kelurahan .

-       Apabila data pemohon kena validasi ( terhapus  ) maka diklarifikasi di Disdukcapil

-       Petugas menyerahkan KK dan KTP

 

2.    Antar Kelurahan dalam Satu Kecamatan.

a.   Kelurahan Asal.

Ø  Penduduk datang ke Kelurahan dengan membawa persyaratan ;

Ø Kepala Kelurahan/ Kasi Pemerintahan menerbitkan Surat Keterangan Pindah (SKP)dan menyerahkan kepada penduduk untuk dilaporkan ke daerah tujuan.

-     Pada saat SKP diserahkan oleh Kelurahan kepada penduduk ;

Ø  KTP yang bersangkutan dilampirkan  untuk diserahkan kepada Disdukcapil ;

 

b.  Kelurahan Tujuan

Ø  Penduduk melapor ke Kelurahan dengan menyerahkan  Fotocopy SKP dari daerah asal   ;

Ø  Kepala Kelurahan Menerbitkan Pengantar Permohonan KK dan KTP  ;

Ø  Petugas Kecamatan memproses penerbitan KK dan KTP;

Ø  Petugas menyerahkan KK dan KTP kepada pemohon

 

3.    Antar Kecamatan dalam Satu Kota.

a.  Kecamatan Asal

Ø Penduduk datang ke Kelurahan dengan membawa persyaratan ;

Ø Kepala Kelurahan / Kasi Pemerintahanmenandatangani Surat Pengantar Pindah   ;

Ø Camat menerbitkan SKP dan menyerahkan kepada penduduk untuk dilaporkan ke daerah tujuan.

Pada saat SKP diserahkan oleh kecamatan kepada pemohon  ;

-     KTP yang bersangkutan  diserahkan kepada Kecamatan tujuan

-     SKP sebagai pengganti KTP selama KTP baru belum diterbitkan

 

b.  Kecamatan Tujuan

Ø  Penduduk melapor ke Kelurahan dengan menyerahkan SKP dari daerah asal

Ø  Kepala Kelurahan menandatangi formulir Permohonan KK dan KTP  

Ø  Petugas Register mencatat registrasi pindah datang dan mengambil KK dan KTP asli

Ø  Petugas Kecamatan menerbitkan  permohonan KK dan KTP

Ø  Petugas menyerahkan KK dan KTP kepada pemohon

 

c.   Antar Kota dan antar Propinsi.

Kota / Propinsi asal

Ø  Penduduk datang ke kelurahan dengan membawa persyaratan;

Ø  Kepala kelurahan / Kasi Pemerintahan menandatangani surat pengantar pindah antar kota/prop;

Ø  Petugas Register kelurahan menunjukan surat pengantar pindah, formulir permohonan pindah WNI dan berkas permohonan KK bagi yang tidak pindah;

Ø  Petugas Disduk capil mengambil KK dan KTP pemohon

Ø  Petugas Disdukcapil mencetak SKP dan bio data penduduk

Ø  Ka. Disdukcapil menandatangani SKP dan bio data

Ø  Petugas menyerahkan  SKP  dan bio penduduk  kepada penduduk untuk dilaporkan ke daerah tujuan, serta menerbitkan KK bagi yang tidak pindah.

Ø  KTP dan KK yang bersangkutan dimusnahkan oleh Disdukcapil;

 

1.4.1.    PindahDatangOrang Asing Yang Memiliki Ijin Tinggal Tetap yang bermaksud Pindah Dalam Kota

a.  Syarat – syaratnya:

ØKK;

ØKTP untuk orang asing;

ØFotokopy paspor dengan menunjukan aslinya;

ØFotokopy kartu ijin tinggal tetap;

ØMenunjukkan buku pengawasan orang asing;

ØSurat keterangan catatan kepolisian.

b.  Masa berlaku dan lama waktu penyelesaian

Lama waktu penyelesaian                        :    1 hari

Masa berlaku                                            :  disesuaikan KITAP   

c.  Prosedur :

ØOrang asing melapor kepada kepala Disdukcapil dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut di atas;

ØOrang asing mengisi dan menandatangani formulir permohonan KK dan KTP ;

ØPetugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data;

ØKepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil menandatangani Surat Keterangan Pindah Datang sebagai dasar untuk :

-     Perubahan KK bagi kepala/anggota keluarga dalam KK yang tidak pindah ;

-     Penerbitan surat keterangan tempat tinggal dengan alamat baru bagi orang asing yang memiliki ijin tempat tinggal terbatas ; atau

-     Penerbitan KK dan KTP dengan alamat baru bagi orang asing yang memiliki ijin tinggal tetap.

ØPetugas merekam data dalam database kependudukan ;

ØPetugas menyampaikan lembar kedua Surat Keterangan Pindah Datang kepada Lurah tempat tinggal asal ;

ØDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyampaikan data Surat Keterangan  Pindah  Orang Asing kepada Camat dan Lurah.

 

1.4.2.    Pindah Datang Orang Asing yang memiliki Ijin Tinggal Terbatas / Tetap yang bermaksud Pindah Antar Kota dalam Satu Propinsi atau Antar Propinsi

a. Syarat – syaratnya :

Ø  KK;

Ø  KTP untuk orang asing;

Ø  Fotokopy paspor dengan menunjukan aslinya;

Ø  Fotokopy kartu ijin tinggal tetap;

Ø  Menunjukkan buku pengawasan orang asing;

Ø  Surat keterangan catatan kepolisian.

 

b. Prosedur :

Ø  Orang Asing melapor kepada Kepala Disdukcapil dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut di atas;

Ø  Orang Asing mengisi dan menandatangani Form Surat Keterangan Pindah ;

Ø  Petugas melakukan verifikasi dan validasi data;

Ø  Kepala Disdukcapil menandatangani Surat Keterangan Pindah  dan menyerahkan kepada Orang Asing untuk dilaporkan ke daerah tujuan serta digunakan sebagai Orang Asing untuk dilaporkan ke daerah tujuan serta digunakan sebagai dasar perubahan KK bagi kepala/anggota keluarga dalam KK yang tidak pindah.

Ø  Petugas merekam data dalam database kependudukan ;

Ø  Orang Asing melaporkan kedatangannya kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatan Sipil daerah tujuan dan menyerahkan  Surat Keterangan Pindah  ;

Ø  Petugas melakukan verifikasi dan validasi data ;

Ø  Kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil menandatangani Surat Keterangan Pindah  sebagai dasar :

-       Penerbitan KK dan KTP dengan alamat baru bagi Orang Asing yang memiliki Ijin Tinggal Tetap ;

-       Penerbitan surat keterangan tempat tinggal dengan alamat baru bagi orang asing yang memiliki ijin tempat tinggal terbatas ;

Ø  Petugas merekam data dalam database kependudukan ;

Ø  Dinas  kependudukan dan pencatatan sipil menyampaikan data Pindah Datang Orang Asing kepada Camat dan Lurah.

Surat Keterangan Tempat Tinggal ( SKTT ) Untuk Orang Asing Tinggal Terbatas

Persyaratan Pelayanan

  1. Paspor
  2. Ijin Tinggal Terbatas

Persyaratan Pelayanan

Perekaman dan Pencetakan KTP Elektronik (KTP-el)
- KK dan KTP Siak lama

Sistem Mekanisme dan Prosedur :

  1. Penduduk membawa KK dan KTP di TPDK Kecamatan untuk perekaman KTP-el
  2. Petugas melakukan verifikasi bio data yang bersangkutan apabila ada kekeliruan maka dilakukan edit data dengan dilampiri bukti pendukung ( akte kelahiran/ akta nikah/akta cerai/ ijazah )
  3. Apabila perubahan bio data menyangkut perubahan tanggal lahir dan jenis kelamin maka edit data harus dilakukan di data center server di Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil tetapi apabila di luar hal tersebut edit data bisa langsung dilakukan di Kecamatan
  4. Pemohon melakukan perekaman data e- KTP, sidik jari iris mata di Kecamatan
  5. Petugas di Dinas dan tenaga perbantuan kecamatan melakukan pencetakan e- KTP
  6. Pemohon bisa mengambil e-KTP di Disdukcapil dengan membawa resitanda bukti sudah perekaman dari Kecamatan l

Persyaratan Pelayanan :

  1. Penerbitan KTP baru bagi penduduk WNI syarat –syaratnya berupa :
    • Telah berusia 17 ( tujuh belas ) tahun atau sudah nikah atau pernah nikah
    • Surat Pengantar Kelurahan
    • Foto copy : KK, Kutipan akta kelahiran, kutipan akta nikah/buku nikah bagi penduduk yang belum berusia 17 ( Tujuh belas ) tahun.
    • FC : Ijazah terakhir pemohon
    • Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri ( SKDLN ) yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang datang dari luar negeri karena pindah
    • Dokumen pendukung lainnya
  2. Penerbitan KTP baru bagi Orang Asing yang memiliki Ijin Tinggal Tetap dengan syarat – syarat sebagai berikut :
    • Surat Pengantar Kelurahan
    • Kartu Keluarga
    • Kutipan Akta Kelahiran
    • Paspor dan Ijin Tinggal Tetap
    • Kutipan Akta Nikah/ Akta Cerai bagi penduduk yang belum berusia 17 ( tujuhbelas ) tahun
    • Buku Catatan Orang Asing ( BOA )
    • Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  3. Penerbitan KTP karena hilang atau rusak bagi penduduk WNI atau WNA syarat – syaratnya berupa :
    • Surat Pengantar dari Kelurahan
    • Surat Keterangan dari Kepolisian Setempat
    • Foto copy Kartu Keluarga
    • Paspor dan Ijin Tempat Tinggal bagi Orang Asing
  4. Penerbitan KTP karena pindah datang bagi penduduk WNI dan WNA yang mempunyai Ijin Tingggal Tetap, syarat – syaratnya berupa :
    • Surat Pengantar dari Kelurahan
    • Surat Keterangan Pindah ( SKP ) dari Daerah asal ( kab/kota lain ) atau Surat Keterangan Pindah ( SKP ) antar Kecamatan dan antar Kelurahan
    • Mengisi F1.01 untuk pindahan dari Kab/Kota lain.
    • Kartu Keluarga dan KTP Asli
    • FC Kutipan Akta Kelahiran
    • FC Kutipan Akta Nikah/ Buku Nikah/ Akta cerai
    • Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah
  5. Penerbitan KTP karena perpanjangan bagi penduduk WNI atau Orang Asing yang memiliki Ijin Tinggal Tetap, syarat – syaratnya berupa :
    • Surat Pengantar dari Kelurahan
    • Foto Copy Kartu Keluarga
    • KTP yang habis masa berlakunya ,
    • Fotocopy Paspor, Kartu Ijin Tinggal Tetap dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian bagi Orang Asing yang memiliki Ijin Tinggal Tetap.
  6. Penerbitan KTP karena adanya perubahan data bagi penduduk WNI atau Orang Asing yang memiliki Ijin Tinggal Tetap, syarat –syaratnya berupa :
    • Surat Pengantar dari kelurahan
    • KTP lama
    • Surat Keterangan/ Bukti perubahan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting ( Buku Nikah/ Akta Nikah, Akta Cerai, Akta kelahiran/ ijazah dll )

Sistem Mekanisme dan Prosedur sebagai berikut :

  1. Penduduk mengsisi dan menandatangani formulir permohonan KTP WNI
  2. Penduduk membawa surat pengantar dari RT
  3. Petugas registrasi kelurahan melakukan verifikasi dan validasi data
  4. Petugas registrasi mencatat dalam Buku Harian Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting ( Buku Register )
  5. Lurah/ Kasi Kelurahan menandatangani formulir permohonan KTP
  6. Petugas registrasi menyerahkan formulir permohonan KTP kepada Penduduk untuk dilaporkan kepada Kecamatan / Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Pelaksanaannya dilakukan di Kecamatan / Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan cara :

  1. Penduduk menyampaikan formulir permohonan KTP yang dilampiri dengan kelengkapan berkas persyaratan sebagai dasar penerbitan KTP
  2. Petugas verifikator melakukan verifikasi dan validasi data penduduk
  3. Petugas operator melakukan entry perekaman data ke dalam data base kependudukan
  4. Petugas operator melakukan pencetakan KTP
  5. Kasi KK dan KTP melakukan paraf KTP samping kiri
  6. Kabid Pendaftaran dan Pendataan Penduduk melakukan paraf KTP samping kanan
  7. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menandatangani dan menerbitakn KTP
  8. Petugas menyerahkan KTP kepada pemohon
  9. Dalam hal KTP diterbitkan karena pindah datang atau perpanjangan atau adanya perubahan data bagi WNI atau WNA, KTP lama ditarik oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil .

 

Dalam hal KTP dimuat pas photo berwarna dari penduduk yang bersangkutan ketentuannya :

  1. Penduduk yang lahir pada tahun ganjil , latar belakang pas photo berwarna merah;
  2. Penduduk yang lahir genap pada tahun genap, latar belakang pas photo berwarna biru
  3. Pas photo berukuran 2x3 dengan ketentuan 70 % tampak wajah dan dapat menggunakan jilbab.

Jangka Waktu : 1- 4 hari Kerja

Biaya/ Tarif : Gratis / Tidak dipungut Biaya

Subcategories