Kependudukan

Persyaratan sebagai berikut:

  • Perpindahan Penduduk dalam Satu Kelurahan bagi Orang Asing
  1. Kartu Keluarga (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap)
  2. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap)
  3. Foto Copy Dokumen Perjalanan
  4. Foto Copy Kartu Izin Tinggal Tetap (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap)
  5. Foto Copy Kartu Izin Tinggal Terbatas (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas)
  6. Foto Copy Surat Keterangan Tempat Tinggal (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas)
  • Perpindahan Penduduk Antar Kelurahan dalam Satu kecamatan bagi orang asing
  1. Kartu Keluarga (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap)
  2. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap)
  3. Foto Copy Dokumen Perjalanan
  4. Foto Copy Kartu Izin Tinggal Tetap (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap)
  5. Foto Copy Kartu Izin Tinggal Terbatas (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas)
  6. Foto Copy Surat Keterangan Tempat Tinggal (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas)
  • Perpindahan Penduduk antar Kecamatan dalam Satu Kota bagi Orang Asing
  1. Kartu Keluarga (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap)
  2. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap)
  3. Foto Copy Dokumen Perjalanan
  4. Foto Copy Kartu Izin Tinggal Tetap (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap
  5. Foto Copy Kartu Izin Tinggal Terbatas (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas
  6. Foto Copy Surat Keterangan Tempat Tinggal (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas)
  • Perpindahan Penduduk antar Kota Dalam Satu Provinsi bagi Orang Asing
  1. Kartu Keluarga (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap)
  2. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk. Kartu Keluarga (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap)
  3. Foto Copy Dokumen Perjalanan
  4. Foto Copy Kartu Izin Tinggal Tetap (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap
  5. Foto Copy Kartu Izin Tinggal Terbatas (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas
  6. Foto Copy Surat Keterangan Tempat Tinggal (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas)
  • Perpindahan Penduduk Antar Provinsi bagi Orang Asing
  1. Kartu Keluarga (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap)
  2. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk. Kartu Keluarga (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap)
  3. Foto Copy Dokumen Perjalanan
  4. Foto Copy Kartu Izin Tinggal Tetap (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap)
  5. Foto Copy Kartu Izin Tinggal Terbatas (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas)
  6. Foto Copy Surat Keterangan Tempat Tinggal (Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas).

 

Mekanisme dan Prosedur :

  1. Orang Asing datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut di atas.
  2. Penduduk mengisi dan menandatangani formulir Permohonan Pindah/Datang
  3. Penduduk mengisi formulir Biodata Penduduk (F.1-01).
  4. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data.
  5. Petugas operator melakukan entry dan edit data untuk proses pindah datang
  6. Petugas operator mencetak Surat Keterangan Pindah 
  7. Kasi/Kabid yang membidangi melakukan paraf Surat Keterangan Pindah/Surat Keterangan Pindah Datang 
  8. Kepala Dinas menerbitkan dan menandatangani Surat Keterangan Pindah/Surat Keterangan Pindah DAtang 
  9. Petugas menyerahkan Surat Keterangan Pindah/Surat Keterangan Pindah Datang

 

   Jangka Waktu :1 – 3  hari Kerja

Biaya/ Tarif  : Gratis / Tidak dipungut Biaya

 

Perpindahan Penduduk Warga Negara Indonesia dalam Wilayah Kesatuan Republik Indonesia persyaratan sebagai berikut:

  • Perpindahan Penduduk Dalam Satu Kelurahan bagi WNI
  1. Kartu Keluarga.
  2. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk.
  3. Foto Copy Dokumen peristiwa kependudukan dan peristiwa penting pendukung lainnya.
  • Perpindahan Penduduk Antar Kelurahan dalam Satu Kecamatan bagi WNI
  1. Kartu Keluarga.
  2. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk.
  3. Foto Copy Dokumen peristiwa kependudukan dan peristiwa penting pendukung lainnya.
  • Perpindahan Penduduk Antar Kecamatan dalam Satu Kota bagi WNI
  1. Kartu Keluarga.
  2. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk.
  3. Surat Keterangan Pindah (SKPWNI)
  4. Foto Copy Dokumen peristiwa kependudukan dan peristiwa penting pendukung lainnya.
  • Perpindahan Penduduk Antar Kota Dalam Satu Provinsi bagi WNI
  1. Kartu Keluarga.
  2. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk.
  3. Foto Copy Dokumen peristiwa kependudukan dan peristiwa penting pendukung lainnya.
  • Perpindahan Penduduk Antar Provinsi bagi WNI
  1. Kartu Keluarga.
  2. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk.
  3. Foto Copy Dokumen peristiwa kependudukan dan peristiwa penting pendukung lainnya.
  • Surat Keterangan Pindah Datang bagi Warga Negara Indonesia
  1. Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI).
  2. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk.
  3. Foto Copy Dokumen peristiwa kependudukan dan peristiwa penting pendukung lainnya.

 

Mekanisme dan Prosedur

  • Perpindahan Penduduk Dalam Satu Kelurahan bagi WNI
  1. Penduduk datang ke kecamatan dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut di atas.
  2. Penduduk mengisi formulir Permohonan Pindah Datang (F.1-23).
  3. Penduduk mengisi formulir Biodata Penduduk (F.1-01).
  4. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data, apabila data pemohon kena validasi (terhapus) maka di klarifikasi ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  5. Petugas operator melakukan entry dan edit data untuk proses pindah datang penduduk.
  6. Petugas operator meneruskan berkas Kartu Keluarga ke Kasi/Kabid yang membidangi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk proses pengajuan  tanda tangan elektronik (TTE).
  7. Pembubuhan Tanda Tangan Elektronik (TTE) oleh Kepala Dinas.
  8. Petugas operator mencetak Kartu Keluarga.
  9. Petugas menyerahkan Kartu Keluarga ke penduduk.
  • Perpindahan Penduduk Antar Kelurahan dalam Satu Kecamatan bagi WNI
  1. Penduduk datang ke kecamatan dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut di atas.
  2. Penduduk mengisi formulir Permohonan Pindah Datang (F.1-27). 
  3. Penduduk mengisi formulir Biodata Penduduk (F.1-01).
  4. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data, apabila data pemohon kena validasi (terhapus) maka di klarifikasi ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  5. Petugas operator melakukan entry dan edit data untuk proses pindah datang.
  6. Petugas operator meneruskan berkas Kartu Keluarga ke Kasi/Kabid yang membidangi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk proses pengajuan  tanda tangan elektronik (TTE).
  7. Pembubuhan Tanda Tangan Elektronik (TTE) oleh Kepala Dinas.
  8. Petugas operator mencetak Kartu Keluarga.
  9. Petugas menyerahkan Kartu Keluarga ke penduduk.
  10. Perpindahan Penduduk Antar Kecamatan dalam Satu Kota Bagi WNI

Kecamatan Asal

  1. Penduduk datang ke kecamatan dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut di atas.
  2. Penduduk mengisi formulir Permohonan Pindah (F.1-29). 
  3. Penduduk mengisi formulir Biodata Penduduk (F.1-01).
  4. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data, apabila data pemohon kena validasi (terhapus) maka di klarifikasi ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  5. Petugas operator melakukan entry dan edit data untuk proses pindah.
  6. Petugas operator mencetak Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI).  
  7. Kasi yang membidangi melakukan paraf Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI).  
  8. Camat an. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menerbitkan dan menandatangani Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI).  
  9. Petugas menyerahkan Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI) ke penduduk untuk melaporkan ke Kecamatan tujuan.  

Kecamatan Tujuan

  1. Penduduk datang ke kecamatan dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut di atas.
  2. Penduduk mengisi formulir Permohonan Pindah Datang (F.1-31). 
  3. Penduduk mengisi formulir Biodata Penduduk (F.1-01).
  4. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data, apabila data pemohon kena validasi (terhapus) maka di klarifikasi ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  5. Petugas operator melakukan entry dan edit data untuk proses pindah datang.
  6. Petugas operator meneruskan berkas Kartu Keluarga ke Kasi/Kabid yang membidangi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk proses pengajuan  tanda tangan elektronik (TTE).
  7. Pembubuhan Tanda Tangan Elektronik (TTE) oleh Kepala Dinas.
  8. Petugas operator mencetak Kartu Keluarga.
  9. Petugas menyerahkan Kartu Keluarga ke penduduk.
  • Perpindahan Penduduk Antar Kota Dalam Satu Provinsi Bagi WNI
  1. Penduduk datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut di atas.
  2. Penduduk mengisi formulir Permohonan Pindah Datang (F.1-36). 
  3. Penduduk mengisi formulir Biodata Penduduk (F.1-01).
  4. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data.
  5. Petugas operator melakukan entry dan edit data untuk proses pindah.
  6. Petugas operator mencetak Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI).
  7. Kasi/Kabid yang membidangi melakukan paraf Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI).
  8. Kepala Dinas menerbitkan dan menandatanganiSurat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI).
  9. Petugas menyerahkan Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI).
  • Perpindahan Penduduk Antar Provinsi bagi WNI
  1. Penduduk datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut di atas.
  2. Penduduk mengisi formulir Permohonan Pindah Datang (F.1-36). 
  3. Penduduk mengisi formulir Biodata Penduduk (F.1-01).
  4. Petugas registrasi melakukan verifikasi dan validasi data.
  5. Petugas operator melakukan entry dan edit data untuk proses pindah.
  6. Petugas operator mencetak Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI).
  7. Kasi/Kabid yang membidangi melakukan paraf Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI).
  8. Kepala Dinas menerbitkan dan menandatanganiSurat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI).
  9. Petugas menyerahkan Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI)
  • Surat Keterangan Pindah Datang bagi WNI
  1. Penduduk datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut di atas.
  2. Penduduk mengisi formulir Permohonan Pindah Datang (F.1-39). 
  3. Penduduk mengisi formulir Biodata Penduduk (F.1-01).
  4. Petugas verifikator melakukan verifikasi dan validasi data.
  5. Petugas operator melakukan entry dan edit data untuk proses kedatangan.
  6. Petugas operator mencetak Surat Keterangan Pindah Datang WNI (SKPDWNI).
  7. Kasi/Kabid yang membidangi melakukan paraf Surat Keterangan PindahDatang WNI (SKPDWNI).
  8. Kepala Dinas menerbitkan dan menandatangani Surat Keterangan Pindah Datang WNI (SKPDWNI).
  9. Petugas menyerahkan Surat Keterangan Pindah Datang WNI (SKPDWNI) sebagai dasar penerbitan Kartu Keluarga.

Jangka Waktu Pelayanan : 1 (satu) s.d 3 (tiga) hari

 

Biaya/Tarif : Gratis/Tidak dipungut biaya

 

 

Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA)

Persyaratan Pelayanan:

  1. Foto Copy Kartu Keluarga
  2. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) ke dua orang tua
  3. Foto Copy Kutipan Akta Kelahiran

Mekanisme dan Prosedur

  1. Penduduk datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut di atas 
  2. Petugas verifikator melakukan verifikasi dan validasi data. 
  3. Petugas operator melakukan perekaman data. 
  4. Petugas operator melakukan pencetakan, incoding dan register Kartu Identitas Anak (KIA).
  5. Petugas menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada penduduk.

 

Persyaratan Pelayanan

Perekaman dan Pencetakan KTP Elektronik (KTP-el)
- KK dan KTP Siak lama

Persyaratan Pelayanan :


Penerbitan KTP-el baru bagi penduduk WNI

  1. Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun, sudah kawin atau pernah kawin.
  2. Foto copy Kartu Keluarga.

Penerbitan KTP-el baru bagi Penduduk Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap

  1. Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun, sudah kawin atau pernah kawin.
  2. Foto copy Kartu Keluarga.
  3. Dokumen Perjalanan (Paspor).
  4. Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

Penerbitan KTP-el karena Pindah Datang bagi Penduduk WNI dalam Wilayah NKRI

  1. Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun, sudah kawin atau pernah kawin.
  2. Surat Keterangan Pindah dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil/UPT Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab/Kota daerah asal.
  3. Foto copy Kartu Keluarga.

Penerbitan KTP-el karena Pindah Datang bagi penduduk WNI yang dating dari luar wilayah NKRI

  1. Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun, sudah kawin atau pernah kawin.
  2. Surat Keterangan Pindah dari Perwakilan Republik Indonesia.
  3. Foto copy Kartu Keluarga.

Penerbitan KTP-el karena Perpanjangan bagi penduduk Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap

  1. Foto copy Kartu Keluarga
  2. KTP-el yang lama.
  3. Dokumen Perjalanan Republik Indonesia atau Dokumen perjalanan.
  4. Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

Penerbitan KTP-el karena hilang atau rusak bagi penduduk WNI atau Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap

  1. Surat Keterangan Hilang dari Kepolisian.
  2. KTP-el yang rusak.
  3. Foto Copy Kartu Keluarga.
  4. Dokumen Perjalanan Republik Indonesia atau Dokumen perjalanan.
  5. Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

Perekaman dan Penerbitan KTP-el baru di luar domisili

  1. Tidak Melakukan Perubahan Data Penduduk.
  2. Foto Copy Kartu Keluarga.

 

Mekanisme dan Prosedur :

  1. Penduduk datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut di atas 
  2. Petugas verifikator melakukan verifikasi dan validasi data. 
  3. Petugas operator melakukan perekaman data biometrik. 
  4. Petugas operator melakukan pencetakan, incoding dan register Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).
  5. Petugas menyerahkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) kepada penduduk.

 

Jangka Waktu : 1 hari Kerja

Biaya/ Tarif : Gratis / Tidak dipungut Biaya

Persyaratan Pelayanan:


Penerbitan KK baru bagi penduduk WNI

  1. Buku nikah/kutipan akta perkawinan atau kutipan akta perceraian.
  2. Surat keterangan pindah/surat keterangan pindah datang bagi Penduduk yang pindah dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Penerbitan Kartu Keluarga karena perubahan data

  1. Kartu Keluarga lama.
  2. Surat keterangan/ bukti perubahan Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting;

 

Penerbitan KK karena penambahan anggota keluarga untuk menumpang dalam KK

  1. Kartu Keluarga yang akan ditumpangi.
  2. Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI).
  3. Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri (SKDLN) bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah.

 

Penerbitan KK karena penambahan anggota keluarga bagi Orang Asing yang memiliki Ijin Tinggal Tetap untuk menumpang ke dalam KK WNI atau orang asing

  1. Kartu Keluarga lama yang akan ditumpangi.
  2. Foto copy Paspor.
  3. Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

 

Penerbitan KK karena pengurangan anggota keluarga dalam KK  (pecah  KK karena menikah/cerai/pindah/mati) bagi penduduk

  1. Foto copy Kutipan Akta Kematian/Kutipan Akta Perceraian/Kutipan Akta Perkawinan/Buku Nikah.
  2. Surat Keterangan Pindah WNI (SKPWNI) bagi penduduk yang pindah dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Penerbitan KK karena hilang atau rusak bagi penduduk

  1. Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian.
  2. KK yang rusak/foto copy KK.

 

Sistem Mekanisme dan Prosedur sebagai berikut :

  1. Penduduk datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan membawa persyaratan sebagaimana tersebut di atas.
  2. Penduduk mengisi formulir Biodata Penduduk (F.1-01).
  3. Petugas verifikator melakukan verifikasi dan validasi data.
  4. Petugas operator melakukan edit dan entry data.
  5. Kasi/Kabid yang membidangi mengajukan  Tanda Tangan Elektronik (TTE). 
  6. Pembubuhan Tanda Tangan Elektronik (TTE) oleh Kepala Dinas.
  7. Petugas operator mencetak Kartu Keluarga.
  8. Petugas menyerahkan Kartu Keluarga ke penduduk.

Jangka Waktu : 1 - 3 hari Kerja

Biaya/ Tarif : Gratis / Tidak dipungut Biaya

Subcategories