22.973 e-KTP Sudah Didistribusikan Pemda Bontang

Dengan rincian Bontang Utara sebanyak 12.095 blangko, 5.853 blangko di Bontang Selatan, dan sebanyak 5.025 blangko di Bontang Barat. Target kami akan selesai Desember nanti, sekarang masih proses distribusi dan perekaman bagi warga yang belum merekam, jelas Sukardi HS, Kepala Disdukcapil Bontang didampingi Ririn Sari Dewi, Kepala Bidang Pendaftaran dan Pendataan Penduduk, kemarin (31/8).

 

Dari data yang diterima Disdukcapil Bontang, sejatinya sebanyak 90.367 warga sudah melakukan perekaman e-KTP, padahal pemerintah pusat memberikan kuota sebanyak 94.855 jiwa. Namun, saat ini Disdukcapil baru menerima 71.730 blangko e-KTP yang sudah terekam. Rinciannya, di Bontang Utara 32.664 blangko, 30.233 blangko e-KTP terdapat di Bontang Selatan, dan Bontang Barat 8.833 blangko.

Dijelaskannya, hingga kini Disdukcapil Bontang masih melayani warga untuk melakukan perekaman data e-KTP. Sampai saat ini yang paling banyak datang merekam adalah mahasiswa yang kebetulan sedang berliburan, lanjutnya. Terpisah, M Ihsan, Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kelurahan Api-api mengakui jika proses perekaman di Kelurahan Api-api masih ada warganya yang belum merekam data.

Diantaranya para mahasiswa yang sedang berkuliah di luar Bontang. Kami tetap menyediakan formulir undangan bagi warga yang data e-KTP tidak valid. Jadi silahkan ambil ke kelurahan, imbaunya. Sementara, Harnu Wiyoto, Ketua RT 08 Kelurahan Api-api, Bontang Utara mengaku jika saat ini masih ada warganya yang belum menerima blangko e-KTP. Tercatat hanya 52 orang yang baru mendapatkan blangko e-KTP dari 135 orang yang wajib KTP.

Sebagian warga saya belum terima undangan dari kecamatan, katanya. Sama halnya dengan di RT 30 Kelurahan Api-api, Bontang Utara. Alimuddin, Ketua RT 30 menyebut jika sampai saat ini banyak undangan pengambilan e-KTP yang dikembalikan ke pihak kecamatan. Alasannya, ada yang pindah alamat dan tidak lagi berdomisili di Kota Taman. Dari jumlah 120 kepala keluarga (KK) baru yang terima undangan baru 50 orang saja, tandasnya. (*/dm)

 

Boim

Author this Article : BoimLebon

BoimLebon wrote 267 articles on this Citizen Journalism.