Print 

Bontang Siap Luncurkan Pelayanan E-KTP

Komentar (0)

26 Agustus 2011, 15:34:27 WIB oleh Admin

Print

Bontang Siap Luncurkan Pelayanan E-KTP

Kalimantan Timur-BONTANG, (kalimantan-news) - Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) Kota Bontang, Kalimantan Timur siap meluncurkan KTP Elektronik setelah menerima enam set peralatan E-KTP dan telah online dengan pusat.


"Insya Allah Disdukcapil Bontang telah siap untuk lounching pelaksanaan E-KTP pada 12 September 2011," kata Kepala Disdukcapil, Hamdi Abdillah, di Bontang, Jumat.

Pusat melalui Departemen Dalam Negeri mengalokasikan dana Rp6 triliun untuk membangunan sistem pembuatan KTP secara on line itu, dan Kota Bontang termasuk salah satu kota yang tahap awal menjadi percontohan pelaksaan E-KTP.



Ia menjelaskan bahwa optimistis itu karena perangkat yang sudah datang untuk kantor Disdukcapil dan tiga kecamatan sudah berhasil di online kan dengan pusat walau masih akan ada pasokan kekurangan server dan akan dikirim 5 September 2011.

Di balik keberhasilan on line server dengan pusat ini, dikatakan Hamdi, optimitis itu juga karena dukungan sistem administrasi kependudukan dengan telah memiliki tower sejak 2006 lalu.

Peralatan yang telah datang meliputi satu set untuk Disdukcapil, dan lima set untuk tiga kecamatan.

Mengingat penduduk wajib E-KTP diberikan quota satu set server untuk 15.000 penduduk, dengan total penduduk wajib KTP mencapai 121.000 maka Bontang diberikan tambahan perangkat server lagi sebanyak empat set.

Nantinya E-KTP akan dilayani mulai 08.00-22.00 Wita, di lokasi kecamatan masing-masing.

Disdukcapil hanya melayani warga negara asing, dan melakukan back up ke lokasi terpencil seperti di Gusung, Tihi-Tihi, Melahing, Teluk Kadere dengan membawa seperangkat alat khusus yang telah diberikan pusat untuk mobile.

Data peserta E-KTP merupakan data yang telah masuk pada Juli 2011, pendaftar baru atau sisanya akan dilayani pada tahun 2012. (das/ant)