- Details
- Category: LAPORAN HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT
- Last Updated: 05 January 2022
- Created: 03 January 2022
- Hits: 280
DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
- Jenis LayanandanResponden SKM Dinas Kependudukan danPencatatan Sipil
Pada periode SKM tahun 2021 ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan penilaian pada 10 layanan dibanding tahun sebelumnya sebanyak 11 layanan yaitu minus pelayanan Akta Pengesahan Anak. Pada survey kali ini menggunakan metode online yaitu Google Form.Mengingat pandemic Covid-19 yang belum berakhir, berdampak pada penurunan kunjungan pelayanan dan capaian pengembalian responden yang kurang dari target sampel. Meskipun demikian, juga terdapat layanan yang melebihi target. Yaitu pelayanan akta kematian, akta perkawinan dan akta perceraian, pelayanan informasi data kependudukan dan pelayanan pengaduan data kependudukan. Sehingga total responden 288 responden (79,77 persen) dari target 361 sampel. Hasil survey didominasi pelayanan KTP elektronik, Layanan Kartu keluarga, sedangkan yang berbeda dari tahun sebelumnya adalah tiadanya survey pada pelayanan akta pengesahan anak.
Tabel xx. Jumlah Capaian Sampel Survey Kepuasan Masyarakat Berdasarkan Jenis Layanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
No |
Jenis Layanan |
Jumlah Kunjungan Tahun 2020 |
Rata-Rata Kunjungan Bulanan |
Target Sampel |
Capaian |
1 |
Pelayanan Kartu Keluarga (KK) |
18.788 |
1.566 |
109 |
81 |
2 |
Pelayanan KTP Elektronik |
24.000 |
2.000 |
139 |
116 |
3 |
Pelayanan KIA |
5.641 |
470 |
33 |
13 |
4 |
Pelayanan Pindah Penduduk (SKPWNI) |
5.984 |
499 |
35 |
13 |
5 |
Pelayanan Akta Kelahiran |
4.759 |
397 |
28 |
26 |
6 |
Pelayanan Akta Kematian |
972 |
81 |
6 |
7 |
7 |
Pelayanan Akta Perkawinan |
119 |
10 |
1 |
6 |
8 |
Pelayanan Akta Perceraian |
17 |
1 |
1 |
4 |
9 |
Pelayanan Informasi Data Kependudukan |
84 |
7 |
1 |
9 |
10 |
Pelayanan Pengaduan Data Kependudukan |
1.440 |
120 |
8 |
13 |
Total |
61.804 |
5.150 |
361 |
288 |
Hingga berakhirnya survey tercapai akumulasi persepsi jawaban sebanyak 288 responden serta memperhatikan ketentuan dalam Permenpan-RB No. 14 Tahun 2017 maka diperoleh hasil lengkap sebagai berikut :
- Hasil SKM Dinas Kependudukan danPencatatan Sipil
Dilihat dari tabel dibawah sebagai hasil survey , secara umum persepsi yang diberikan masyarakat pengguna layanan atau responden SKM dominan “sangat baik” dan “baik”, namun masih terdapat persepsi “kurang baik” dan “tidak baik” meskipun dengan persentase kecil. “sangat baik” diperoleh dari unsur layanan (U1) Kesesuaian Persyaratan sebesar 180, (U2) Prosedur Pelayanan sebanyak 170, (U4) Kewajaran Biaya sebesar 266, (U5) Keseuaian Pelayanan sebesar 144 dan (U8) Penanganan Pengaduan serta (U9) Kualitas Sarana Prasarana masing-masing sebesar 239 dan 142. Hal ini perlu mendapat apresiasi dan perlu dipertahankan ke depannya.
Sedangkan “Kurang Baik” dipersepsikan sebesar 1-6 persen dari total responden dari keseluruhan unsur pelayanan diantaranya (U2) Prosedur Pelayanan; (U3) Kecepatan pelayanan dan (U9) Kualitas Sarana Prasarana. Sehingga kiranya perbaikan pelayanan perlu ditingkatkan lagi mengingat pentingnya administrasi kependudukan ini dalam kehidupan masyarakat.
Tabel xx.Hasil Analisis Survey Kepuasan Masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2021
Pendapat Responden |
NILAI UNSUR PELAYANAN |
||||||||
U1 |
U2 |
U3 |
U4 |
U5 |
U6 |
U7 |
U8 |
U9 |
|
Tidak Baik |
1 |
1 |
3 |
0 |
2 |
1 |
2 |
3 |
0 |
Kurang Baik |
5 |
12 |
17 |
3 |
3 |
11 |
9 |
8 |
13 |
Baik |
102 |
105 |
141 |
19 |
139 |
127 |
156 |
38 |
132 |
Sangat Baik |
180 |
170 |
127 |
266 |
144 |
149 |
121 |
239 |
142 |
Kosong |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
1 |
Jumlah Responden |
288 |
288 |
288 |
288 |
288 |
288 |
288 |
288 |
287 |
∑ Nilai/Unsur |
1037 |
1020 |
968 |
1127 |
1001 |
1000 |
972 |
1089 |
990 |
NRR / Unsur |
3.601 |
3.542 |
3.361 |
3.913 |
3.476 |
3.472 |
3.375 |
3.781 |
3.449 |
NRR tertbg/ unsur |
0.400 |
0.393 |
0.373 |
0.434 |
0.386 |
0.385 |
0.375 |
0.420 |
0.383 |
JUMLAH IKM TERTIMBANG |
*) 3.549 |
||||||||
NILAI IKMKONVERSI : 3.549 X 25 |
88.72 |
Hasil perhitungan dari 9 unsur pertanyaan yang dilakukan kepada pengguna layanan sebagaimana terlihat pada tabel diatas maka secara keseluruhan pada tahun 2021 persepsi masyarakat terhadap layanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bontang adalah SANGAT BAIK. Berdasarkan hasil pengukuran terhadap 288 responden memiliki Indeks Kepuasan Masyarakat setelah dikonversi sebesar 88,72 yang berarti pada interval Mutu Pelayanan Sangat Baik dengan rentang nilai antara 88,31-100,00. Secara lebih detil sebagai berikut :
- NilaiIKM Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KotaBontang= 88,72
- Mutu Pelayanan = A
- KinerjaUnit Pelayanan = SANGAT BAIK
Hal ini dibuktikan dari pilihan jawaban responden pada tabel 6.2. yang lebih banyak memberikan opinipada pilihan Baik dan Sangat Baik pada hampir sebagian besar unsur layanan. Meskipun demikian, tuntutan tinggi dari pelayanan publik diharapkan bahwa unit pelayanan publik dengan mutu Baik akan tercermin dari tidak adanya opini publik yang memberikan jawaban Tidak Baik dan Kurang Baik pada setiap unsur layanan yang dinilai. Hasil SKM Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bontang pada tabel tersebut menggambarkan bahwa masih adanya opini publik yang berada pada pilihan Tidak Baik dan Kurang Baik pada seluruh unsurnya sehingga mutu pelayanan masih perlu ditingkatkan keseluruhan.
Publikasi hasil IKM Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2021 sebagaimana diamanatkan dalam Permenpan-RB No. 14 Tahun 2017 sebagai berikut:
INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPILTAHUN 2021
TERIMAKASIH ATAS PENILAIAN YANG TELAH ANDA BERIKAN MASUKAN ANDA SANGAT BERMANFAAT UNTUK KEMAJUAN UNIT KAMI AGAR TERUS MEMPERBAIKI DAN MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN BAGI MASYARAKAT
|
Nilai IKM konversi 88,72 berada range 88,31-100,00 dan masuk ke dalam Mutu Pelayanan berpredikat “A” dan termasuk dalam kategori Unit Pelayanan yang “Sangat Baik”. Dibandingkan tahun sebelumnya, nilai ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yakni 86,67 atau sekitar naik 2,05 poin. Akan tetapi mengingat jenis layanan yang disurvey lebih sedikit dari tahun sebelumnya, maka peningkatan ini tidak menggambarkan keseluruhan pelayanan yang diberikan.
Kemudian dari total responden sebanyak 288 orang dengan porsi dominan dari responden perempuan sebanyak 173 orang (60,06 persen) dan responden laki-laki sebanyak 115 orang (39,93 persen), dan komposisi pendidikan didominasi SLTA sebanyak 138 orang (47,91 persen); S1 sebanyak 115 orang (39,93 persen); D3 sebanyak 25 orang (8,68 persen), sedikit banyaknya diyakini kemampuan memahami maksud dan isi kuesioner SKM menjadi lebih tinggi sehingga memberikan persepsi yang terbaik, lebih valid dan dapat dipertanggungjawabkan khususnya dalam peningkatan kualitas layanan. Hal ini dikarenakan persepsi responden dengan tingkat pendidikan lebih tinggi lebih kritis dalam memberikan penilaian.
Berdasarkan nilai rerata dari setiap unsur pelayanan seperti yang tertera pada tabel dibawah ini serta dengan menggunakan Nilai Interval IKM (Permenpan-RB No.14 Tahun 2017) sebagai berikut:
1,00 – 2,5966 : Tidak Baik
2,69 – 3, 064 : KurangBaik
3,0644 – 3, 532 : Baik
3, 5324 – 4,00 : SangatBaik
Tabel xx.Urutan Peringkat Unsur Pelayanan Berdasarkan Hasil SKM Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
No. Unsur |
Unsur Pelayanan |
Rata-Rata |
Peringkat Layanan |
|
U4 |
Kesesuaian/ Kewajaran Biaya |
3.91 |
1 |
|
U8 |
Penanganan Pengaduan |
3.82 |
2 |
|
U1 |
Kesesuaian Persyaratan |
3.36 |
3 |
|
U2 |
Prosedur Pelayanan |
3.31 |
4 |
|
U5 |
Kesesuaian Pelayanan |
3.31 |
5 |
|
U6 |
Kompetensi Petugas |
3.27 |
6 |
|
U9 |
Kualitas Sarana dan Prasarana |
3.25 |
7 |
|
U7 |
Perilaku Petugas Pelayanan |
3.22 |
8 |
|
U3 |
Kecepatan Pelayanan |
3.12 |
9 |
|
Rata-Rata Nilai Unsur Layanan |
3.55 |
|
Jika diamati berdasarkan masing-masing unsur pelayanan, maka terdapat 2 unsur pelayanan yang berada pada kriteria Sangat Baik yaitu U4 (Kesesuaian/Kewajaran Biaya); dan U8 (Penanganan Pengaduan). Sedangkan 7 unsur sisanya berdasarkan urutan yaitu U1 (Kesesuaian Persyaratan); U2 (Prosedur Pelayanan);U5 (Kesesuaian Pelayanan); U6 (Kompetensi Petugas); U9 (Kualitas Sarana Prasarana); U7 (Perilaku Petugas Pelayanan); dan (U3) Kecepatan Pelayanan berada pada kriteria Baik. Ini menggambarkan bahwa peningkatan pelayanan dimulai dari unsur pelayanan yang mendapatkan nilai terendah sekaligus mempertahankan kinerja unsur pelayanan yang mendapatkan nilai tertinggi.
Adapun persebaran kluster jawaban dari 288 responden terhadap tingkat kepuasan kinerja unit pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bontang dengan sembilan unsur kunci sebagai dasar pengukuran Survei Kepuasan Masyarakat akan diuraikan secara detil sebagai berikut :
- Analisis Umum Hasil SKM masing-masing jenis layanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Secara umum, telah terjadi perbaikan di setiap unsur layanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bontang, hanya saja untuk untuk (U3) Kecepatan Pelayanan “konsisten” berada di urutan terbawah dalam survey 3 tahun terakhir sejak tahun 2019 hingga tahun 2021 ini. Sehingga perlu kiranya menjadi prioritas perbaikan dengan berinovasi menggunakan Teknologi Informasi agar mempersingkat waktu pelayanan misalnya pengguna layanan dapat melakukan sebagian atau keseluruhan layanan di website/ whatsapp online 24 jam yang fast response, meminimalisir penggunaan kertas (paperless) dengan menerapkan tanda tangan digital/barcode sebagai pengganti tanda tangan/cap basah legalitas dokumen.
Dari penilaian per masing-masing jenis layanan maka hampir semua jenis layanan masuk dalam kategori BAIK dan SANGAT BAIK. Tidak ada jenis layanan yang pada survey ini yang mendapatkan penilaian kurang baik dan tidak baik. Meskipun belum menggambarkan keseluruhan pelayanan yang diberikan, akan tetapi hal ini perlu mendapatkan apresiasi,
Tabel xx. Capaian SKM Berdasarkan Jenis Layanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
No |
Jenis Layanan |
Hasil SKM 2021 |
Kategori |
1 |
Pelayanan Kartu Keluarga (KK) |
88.83 |
Sangat Baik |
2 |
Pelayanan KTP Elektronik |
87.76 |
Baik |
3 |
Pelayanan KIA |
90.93 |
Sangat Baik |
4 |
Pelayanan Pindah Penduduk (SKPWNI) |
90.08 |
Sangat Baik |
5 |
Pelayanan Akta Kelahiran |
89.12 |
Sangat Baik |
6 |
Pelayanan Akta Kematian |
91.18 |
Sangat Baik |
7 |
Pelayanan Akta Perkawinan |
88.80 |
Sangat Baik |
8 |
Pelayanan Akta Perceraian |
94.35 |
Sangat Baik |
9 |
Pelayanan Informasi Data Kependudukan |
86.95 |
Baik |
10 |
Pelayanan Pengaduan Data Kependudukan |
90.29 |
Sangat Baik |
Dari tabel diatas, tergambarkan semua jenis layanan mendapatkan persepsi “baik” dan “sangat baik”. Layanan Kartu Keluarga mendapatkan persepsi “sangat baik” (88,83) meningkat dibandingkan tahun sebelumnya “baik” (87,09). Layanan KTP Elektronik mendapatkan persepsi “baik” (87,76) mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya “baik” (85,87). Layanan KIA mendapatkan persepsi “sangat baik” (90,93) mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya “sangat baik” (91,41). Layanan Pindah Penduduk mendapatkan persepsi “sangat baik” (90,08) mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya “sangat baik” (88,49). Perbedaan dengan SKM tahun sebelumnya, tidak ada survey pada layanan akta pengesahan anak.
Sedangkan Layanan Akta Kelahiran; Layanan Akta Kematian; Layanan Akta Perkawinan dan Layanan Akta Perceraian; Layanan Pengaduan Data Kependudukanmengalami peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya. Masing-masing mendapatkan persepsi “sangat baik” (89,12) sebelumnya “baik” (86,25); “sangat baik” (91,18) sebelumnya “baik” (83,98); “sangat baik” (94,35) sebelumnya “baik” (85,42); “sangat baik” (94,35) sebelumnya “sangat baik” (90,63) dan “sangat baik” (90,29) sebelumya “baik” (86,46). Sebaliknya, Layanan Informasi Data Kependudukan justru mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yaitu mendapatkan persepsi “baik” (86,95) sebelumnya (87,50), atau mengalami penurunan sebanyak 0,55 poin.
Namun demikian, perlu kiranya memperluas jangkauan survey untuk seluruh pelayanan dalam rangka mendapatkan gambaran utuh keberhasilan keseluruhan pelayanan yang diberikan, serta mempertahankan kinerja pelayanan yang mendapatkan penilaian baik dari pengguna layanan sekaligus memperbaiki kualitas pelayanan diseluruh unsur pelayanan dengan memperhatikan feedback atau tanggapan keluhan dan masukan terhadap pelayanan yang diberikan. Beberapa unsur layanan yang masih perlu mendapatkan perbaikan tergambar dari matriks dibawahini:
Tabel xx. Catatan/Keluhan Responden terhadap Mutu Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipi lKota Bontang
No. Unsur |
Unsur Pelayanan |
Pilihan Alasan |
Jumlah Responden |
Keluhan |
U1 |
Kesesuaian Persyaratan |
Banyak berkas yang diminta |
18 |
Semoga bisa lebih cepat dengan adanya pengurusan online lebih cepat dari sebelumnya. Persyaratan nya dimudahkan untuk masyarakat, trs diberikan penjelasan yang mudah dipahami oleh masyarakat Mohon persyaratan administrasi tidak terlalu banyak dan Rumit Harapan klo sdh on line mengapa masih harus membawa poto copy dan lain lain serta surat keterang dll nya Pelayanan bisa lebih fast respon |
Tidak terdapat penjelasan terkait persyaratan |
21 |
Setelah daftar tidak dapat info lebih lanjut bagaimana hasilnya, semoga lebih baik Bisa merespon cepat apa yg di butuhkan warga ketika kebingungan
Lebih di jelaskan lagi terutama bapak2/lansia
Harus ada contak person yg dhub sewaktu-waktu di jam kerja
Agar Petugas pelayanan di Capil ramah & memberi penjelasan lengkap kekurangan persyaratan, serta alur pengurusan KK/KTP/KIA dapat dibuatkan poster alur & syarat2 yg diperlukan |
||
Tidak transparan |
2 |
Berkas saya ditinggal begitu saja harus dihubungi dulu baru respon sudah hampir seminggu gaada pergerakan:) setelah dihubungi baru ada pergerakan.
Jika aturannya tertulis sekian hari, maka seharusnya selesainya juga pada sekian hari tersebut
Petugasnya harus tepat waktu |
||
U2 |
Prosedur Pelayanan |
Prosedur tidak dijelaskan dan alurnya rumit |
13 |
Semoga pelayanan mengenai kependudukan bisa gratis selamanya untuk meringankan beban masyarakat
Semoga seturusnya tidak ada biaya administrasi |
Proses yang akan dijalani tidak dijelaskan |
15 |
Semoga pelayanannya maksimal karena terkadang pegawai kurang respon dalam melayani
Standar di sosialisasikan
Perbaikan komunikasi |
||
Tidak mudah untuk bisa berkomunikasi dengan petugas |
11 |
Berikan penjelasan yg mudah bagi masyarakat
Jaringan yang sering menghambat pelayanan online
Semoga kemampuan petugas lebih baik lagi agar kesalahan dalam mengolah data dapat di minimalisir |
||
U3 |
Kecepatan Pelayanan |
Antrian lama |
11 |
Mungkin bisa lebih ringkas hanya dengan menggunakan KK dan Form aplikasi layanan yang di butuhkan. Contoh seperti ktp dan akta kelahiran.
Mohon lebih banyak senyum
Lebih sabar dalam pelayanan |
Kedatangan petugas lama atau tidak sesuai jadwal |
5 |
Dapat menerima layanan di hari sabtu utk mengakomodir masyarakat yg bekerja
Ada hotline/sms/wa utk pengaduan
Setiap ada pengaduan mohon ditanggapi dengan bijak |
||
Petugas lambat dan kurang merespon pertanyaan |
8 |
Tambahkan properti (tong sampah di sekitar area kantor)
Menambah fasilitas kursi di ruang tunggu
Bisa dikasih playgroud anak |
||
U4 |
Kesesuaian/ Kewajaran Biaya |
Terdapat biaya tambahan |
9 |
|
Ketidakwajaran biaya |
3 |
|
||
Biaya yang tidak ditanggung mahal |
8 |
|
||
U5 |
Kesesuaian Pelayanan |
Standar Pelayanan tidak dipasang/ dipublikasikan |
21 |
|
Tidak transparan |
4 |
|
||
U6 |
Kompetensi Petugas |
Petugas baru perlu didampingi petugas senior |
8 |
|
Masih ada yang tidak terampil (seperti memberikan penjelasan terkait peraturan) |
5 |
|
||
Kemampuan petugas tidak merata |
4 |
|
||
U7 |
Perilaku Petugas Pelayanan |
Masih ada yang judes, tidak sopan |
6 |
|
Kurang sabar dalam memberikan pelayanan |
4 |
|
||
Kurang senyum dan perhatian |
8 |
|
||
U8 |
Penanganan Pengaduan |
Tidak tersedia wadah atau media untuk mengadu |
12 |
|
Tidak tahu kemana harus mengadu |
4 |
|
||
Penanganan atau tindaklanjut pengaduan tidak diinformasikan/ tidak jelas |
20 |
|
||
U9 |
Kualitas Sarana dan Prasarana |
Ruang tunggu sempit dan kursinya terbatas |
9 |
|
AC tidak ada atau tidak berfungsi/ ruangan panas |
4 |
|
||
Tempat parkir sempit |
1 |
|
||
Tempat sampah kurang |
2 |
|
||
Perlengkapan/ peralatan tidak memadai |
1 |
|
||
Toilet kotor/ air mati |
1 |
|
||
Tidak ada fasilitas bacaan/playground anak |
4 |
|
- Rencana Tindak Lanjut Hasil SKM Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat
Tabel xx.Rencana Tindak Lanjut Perbaikan SKM Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
No |
Prioritas Unsur |
Keluhan |
Program/ Kegiatan |
Waktu |
Penanggung jawab |
U4 |
Kesesuaian/ Kewajaran Biaya |
Terdapat biaya tambahan |
Memasang banner /papan pengumuman yang memuat biaya pelayanan sesuai peraturan/regulasi
Inovasi pelayanan gratis biaya/tak berbayar
Penggunaan TIK dalam rangka paperless government/sebagian tahapan pelayanan dapat dilakukan di website/whatsapp online (unggah/aplot dokumen)
Menyerderhanakan biaya pelayanan dengan menyederhanakan berkas/dokumen persyaratan |
TW 3 |
|
Ketidakwajaran biaya |
TW 1 |
||||
Biaya yang tidak ditanggung mahal |
TW 2 |
||||
U8 |
Penanganan Pengaduan |
Tidak tersedia wadah atau media untuk mengadu |
Melengkapi sarana pengaduan (petugas pengaduan, SOP alur pengaduan dalam bentuk banner/papan pengumuman, website)
Punishment kepada unit yang dikeluhkan pengguna layanan misal denda 100 ribu menghilangkan dokumen/penyelesaian pelayanan tidak sesuai SOP pelayanan
Menyediakan call center pengaduan/whatsapp online 24 jam yang fast response |
TW 1 |
|
Tidak tahu kemana harus mengadu |
TW 2 |
||||
Penanganan atau tindaklanjut pengaduan tidak diinformasikan/ tidak jelas |
TW 3 |
||||
U1 |
Kesesuaian Persyaratan |
Banyak berkas yang diminta |
Menyederhanakan persyaratan
Mengintegrasikan big data kependudukan (satu data) agar meminimalisir penggunaan kertas dan dokumen serta menyederhanakan data yang diminta |
TW 1 TW 2 TW 3 |
|
Tidak terdapat penjelasan terkait persyaratan |
Memasang banner /papan pengumuman yang memuat persyaratan pelayanan |
TW 1 |
|||
Tidak transparan |
Memasang TV yang memuat teks berjalan/informasi progress per tahapan pelayanan setiap pengguna layanan |
TW 2 |
|||
Semoga bisa lebih cepat dengan adanya pengurusan online lebih cepat dari sebelumnya. |
Pelaksanaan Bimtek pelayanan prima
Reward dan punishment dalam inovasi pegawai terbaik
Menyederhanakan persyaratan dengan menggunakan TIK, whatsapp online 24 jam fast response dan web dalam unggah dan aplot dokumen persyaratan |
TW 1 |
|||
Persyaratannya dimudahkan untuk masyarakat, dan diberikan penjelasan yang mudah dipahami oleh masyarakat |
TW 2 |
||||
Mohon persyaratan administrasi tidak terlalu banyak dan Rumit |
|||||
Harapan klo sdh on line mengapa masih harus membawa poto copy dan lain lain serta surat keterang dll nya |
TW 3 |
||||
Pelayanan bisa lebih fast respon |
TW 1 TW 2 TW 3 |
|
|||
|
|
Setelah daftar tidak dapat info lebih lanjut bagaimana hasilnya, semoga lebih baik |
Memfasilitasi pengguna layanan dalam setiap tahapan pelayanan dengan petugas pelayanan dari satpam yang sigap dan fast respon
Menyediakan meja dan kursi khusus untuk difabel dan lansia
Menyediakan call center dan whatsapp pelayanan 24 jam online dan fast response |
||
Bisa merespon cepat apa yg di butuhkan warga ketika kebingungan |
|||||
Lebih di jelaskan lagi terutama bapak2/lansia |
|||||
Harus ada contak person yangdapat dihubungi sewaktu-waktu di jam kerja |
|||||
Agar Petugas pelayanan di Capil ramah & memberi penjelasan lengkap kekurangan persyaratan, serta alur pengurusan KK/KTP/KIA dapat dibuatkan poster alur & syarat2 yg diperlukan |
|||||
Berkas saya ditinggal begitu saja harus dihubungi dulu baru respon sudah hampir seminggu gaada pergerakan:) setelah dihubungi baru ada pergerakan |
Aktif memberikan penjelasan dan tahapan pelayanan dengan kerja sama Telkom center untuk memastikan progress setiap pelayanan/ sms pelayanan yang dipegang 1 petugas berkoordinasi dengan seluruh petugas pelayanan |
||||
Jika aturannya tertulis sekian hari, maka seharusnya selesainya juga pada sekian hari tersebut |
Pemberlakuan reward dan punishment dalam pelayanan sehingga memastikan pelayanan prima diterima pengguna layanan |
||||
Petugasnya harus tepat waktu |
|||||
U2 |
Prosedur Pelayanan |
Prosedur tidak dijelaskan dan alurnya rumit |
Menyederhanakan prosedur/alur pelayanan
Memasang informasi prosedur pelayanan di banner/papan pengumuman
Melibatkan satpam/petugas khusus untuk menjelaskan prosedur pelayanan di ruangan/lewat pengeras suara
Menyingkat/menyederhanakan waktu pelayanan dengan penggunaan TIK/whatsapp online/website |
TW 3 |
|
Proses yang akan dijalani tidak dijelaskan |
TW 1 |
||||
Tidak mudah untuk bisa berkomunikasi dengan petugas |
TW 2 |
||||
Semoga pelayanan mengenai kependudukan bisa gratis selamanya untuk meringankan beban masyarakat |
Menggratiskan pelayanan sebagai inovasi unit dan pencapaian visi misi KDH |
TW 1 TW 2 TW 3 |
|||
Semoga seturusnya tidak ada biaya administrasi |
|||||
Standar di sosialisasikan |
Menerapkan motto pelayanan “senyum, sapa”
Memasang banner standar pelayanan dan durasi pelayanan
Bimtek pelayanan prima
Diklat teknis berjenjang agar lebih professional
Menerapkan TIK dalam pelayanan dan whatsapp online 24 jam fast response untuk menyederhanakan birokrasi pelayanan |
||||
Semoga pelayanannya maksimal karena terkadang pegawai kurang respon dalam melayani |
|||||
Perbaikan komunikasi |
|||||
Berikan penjelasan yg mudah bagi masyarakat |
|||||
Jaringan yang sering menghambat pelayanan online |
|||||
Semoga kemampuan petugas lebih baik lagi agar kesalahan dalam mengolah data dapat di minimalisir |
|||||
Mungkin bisa lebih ringkas hanya dengan menggunakan KK dan Form aplikasi layanan yang di butuhkan. Contoh seperti ktp dan akta kelahiran |
|||||
Mohon lebih banyak senyum |
|||||
Lebih sabar dalam pelayanan |
|||||
Dapat menerima layanan di hari sabtu utk mengakomodir masyarakat yg bekerja |
|||||
Ada hotline/sms/wa utk pengaduan |
|||||
|
|
Setiap ada pengaduan mohon ditanggapi dengan bijak |
Menerapkan motto pelayanan dan komunikatif |
||
Tambahkan properti (tong sampah di sekitar area kantor) |
Mengadakan tempat sampah di dekat ruang tunggu dan area pelayanan |
||||
Bisa dikasih playgroud anak |
Menambahkan pojok baca dan area bermain anak |
||||
U5 |
Kesesuaian Pelayanan |
Standar Pelayanan tidak dipasang/ dipublikasikan |
Menyederhanakan alur/tahapan
Memasang banner /papan pengumuman yang memuat persyaratan pelayanan
Memasang TV yang memuat teks berjalan/informasi progress per tahapan pelayanan setiap pengguna layanan
Menginfokan perubahan melalui pengeras suara/teks berjalan di TV/papan pengumuman |
||
U6 |
Kompetensi Petugas |
Petugas baru perlu didampingi petugas senior |
Bimtek pelayanan prima
Bimtek teknis peningkatan profesionalisme
¢orporate university dalam rangka transfer knowledge management
Penghargaan finansial dan non finansial dalam apresiasi petugas terbaik dalam pelayanan
Punishment kepada unit yang dikeluhkan pengguna layanan misal denda 100 ribu menghilangkan dokumen/penyelesaian pelayanan tidak sesuai SOP pelayanan |
TW 1 |
|
Masih ada yang tidak terampil (seperti memberikan penjelasan terkait peraturan) |
TW 2 |
||||
Kemampuan petugas tidak merata |
TW 3 |
||||
U9 |
Kualitas Sarana dan Prasarana |
Ruang tunggu sempit dan kursinya terbatas |
Melengkapi sarana prasarana dengan memperluas ruang tunggu dan kursi tunggu |
TW 1 |
|
AC tidak ada atau tidak berfungsi/ ruangan panas |
Melengkapi / memperbaiki sarana pendingin ruangan
Menambahkan tanaman di ruang tunggu agar memberi kesejukan dalam ruangan secara alami
Membuat jendela ventilasi atau lubang agar memperlancar sirkulasi udara di ruangan |
TW 2 |
|||
Tempat parkir sempit |
Memperluas tempat parkir/ menyediakan petugas/tanda atau batas kendaraan di area parkir untuk memudahkan pengguna layanan dalam memarkirkan setiap kendaraan secara mandiri agar lebih tertata |
TW 3 |
|||
Tempat sampah kurang |
Melengkapi tempat sampah dan menganjurkan pengguna layanan tidak membuang sampah sembarang (menyimpan sendiri) di papan pengumuman |
TW 1 |
|||
Perlengkapan/ peralatan tidak memadai |
Melengkapi peralatan yang wajib dalam pelayanan |
TW 2 |
|||
Toilet kotor/ air mati |
Membuat manual monev di pintu WC bagi petugas kebersihan untuk memastikan ketersediaan air dan kebersihan toilet |
TW 3 |
|||
Tidak ada fasilitas bacaan/playground anak |
Melengkapi fasilitas bacaan dan playground anak |
TW 1 |
|||
U7 |
Perilaku Petugas Pelayanan |
Masih ada yang judes, tidak sopan |
Bimtek pelayanan prima
Bimtek teknis peningkatan profesionalisme
¢orporate university dalam rangka transfer knowledge management
Penghargaan finansial dan non finansial dalam apresiasi petugas terbaik dalam pelayanan
Punishment kepada unit yang dikeluhkan pengguna layanan misal denda 100 ribu menghilangkan dokumen/penyelesaian pelayanan tidak sesuai SOP pelayanan |
TW 1 |
|
Kurang sabar dalam memberikan pelayanan |
TW 2 |
||||
Kurang senyum dan perhatian |
TW 3 |
||||
U3 |
Kecepatan Pelayanan |
Antrian lama |
Menyingkat/menyederhanakan waktu pelayanan dengan penggunaan TIK/whatsapp online/website |
TW 3 |
|
Kedatangan petugas lama atau tidak sesuai jadwal |
Melakukan bimtek pelayanan prima
Reward dan pusnishment dalam rangka penegakan disiplin pegawai |
TW 1 |
|||
Petugas lambat dan kurang merespon pertanyaan |
Melibatkan satpam/petugas khusus untuk menjelaskan prosedur pelayanan di ruangan/lewat pengeras suara
Menyingkat/menyederhanakan waktu pelayanan dengan penggunaan TIK/whatsapp online/website |
TW 2 |