Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bontang
  • HOME
  • VISI & MISI, MOTTO, MAKLUMAT
  • PEJABAT
  • STRUKTUR ORGANISASI
  • S O P
  • DASAR HUKUM
  • LAYANAN ONLINE
  • LAYANAN SMS
  • PPID
  • INOVASI
  • Home

Bontang Siap Uji Coba KTP Digital, Tak Perlu Lagi Dicetak

  •  Print 
  • Email
Details
Category: Berita
Published: 10 January 2022
Created: 10 January 2022
Hits: 2203

User Rating: 1 / 5

Star activeStar inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactive

Kasi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Dinas Sosial dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bontang, Muhammad Thamrin. (Fitri Wahyuningsih/bontangpost.id)

bontangpost.id – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bakal melakukan uji coba penerapan KTP-el berbentuk digital yang memiliki QR code pada 2022 ini. Ada 50 kabupaten/kota yang dijadikan pilot project, salah satunya Bontang, Kalimantan Timur. Kasi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bontang Muhammad Thamrin menjelaskan transisi dari KTP-el fisik ke digital ini bakal dilakukan secara bertahap. Besar kemungkinan tak dilakukan serempak di 50 kabupaten/kota, namun per wilayah, semisal Pulau Jawa, lalu menyusul daerah lain. “Sudah sosialisasi tapi kapan dan siapa duluan itu kami belum dapat instruksi dari pusat. Intinya sih Bontang masuk dalam pilot project ini,” beber Thamrin ketika disambangi di kantornya, Jalan Awang Long, Bontang Baru, Bontang Utara, Jumat (7/1/2022) pagi. Tujuan penerapan KTP-el berbentuk digital ini, kata Thamrin, guna mendorong efisiensi anggaran. Ini bakal memudahkan masyarakat bila membutuhkan KTP-el di untuk mengakses keperluan publik. Selain itu, dengan KTP-el tak akan ada lagi kasus KTP hilang atau tercecer.

“Masyarakat yang mau urus KTP juga biasa terkendala blanko kurang. Nah kalau sudah KTP digital sudah tidak lagi,” ungkapnya. Hingga kini belum ada instruksi khusus soal kapan dan bagaimana teknis penggunaan KTP digital. Namun berdasar hasil sosialisasi beberapa waktu lalu, nantinya bakal ada aplikasi KTP-el yang memuat identitas warga. Aplikasi dapat diunduh gratis baik di playstore atau app store. Sejatinya aplikasi sudah bisa digunakan, tapi belum dibuka untuk publik. Masih internal Disdukcapil yang menggunakan. Lantaran aplikasi sendiri masih dalam proses penyempurnaan. “Identitas digital ID ini kurang lebih seperti aplikasi PeduliLindungi. Semua disiapkan pusat, kami di daerah pelaksana teknisnya saja,” ucapnya. Adapun untuk di Bontang, per harinya ada sekitar 100 permintaan membuat KTP. Baik untuk pemula, perubahan identitas, ataupun mengganti KTP-el rusak. (*)

sumber : https://bontangpost.id/bontang-siap-uji-coba-ktp-digital-tak-perlu-lagi-dicetak/

HASIL IKM 2021

  •  Print 
  • Email
Details
Category: LAPORAN HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT
Published: 03 January 2022
Created: 03 January 2022
Hits: 349

User Rating: 0 / 5

Star inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactiveStar inactive

DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

  • Jenis LayanandanResponden SKM Dinas Kependudukan danPencatatan Sipil

Pada periode SKM tahun 2021 ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan penilaian pada 10 layanan dibanding tahun sebelumnya sebanyak 11 layanan yaitu minus pelayanan Akta Pengesahan Anak. Pada survey kali ini menggunakan metode online yaitu Google Form.Mengingat pandemic Covid-19 yang belum berakhir, berdampak pada penurunan kunjungan pelayanan dan capaian pengembalian responden yang kurang dari target sampel. Meskipun demikian, juga terdapat layanan yang melebihi target. Yaitu pelayanan akta kematian, akta perkawinan dan akta perceraian, pelayanan informasi data kependudukan dan pelayanan pengaduan data kependudukan. Sehingga total responden 288 responden (79,77 persen) dari target 361 sampel. Hasil survey didominasi pelayanan KTP elektronik, Layanan Kartu keluarga, sedangkan yang berbeda dari tahun sebelumnya adalah tiadanya survey pada pelayanan akta pengesahan anak.

Tabel xx. Jumlah Capaian Sampel Survey Kepuasan Masyarakat Berdasarkan Jenis Layanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  

No

Jenis Layanan

Jumlah Kunjungan Tahun 2020

 Rata-Rata Kunjungan Bulanan

Target Sampel

Capaian

1

Pelayanan Kartu Keluarga (KK)

18.788

1.566

109

81

2

Pelayanan KTP Elektronik

24.000

2.000

139

116

3

Pelayanan KIA

5.641

470

33

13

4

Pelayanan Pindah Penduduk (SKPWNI)

5.984

499

35

13

5

Pelayanan Akta Kelahiran

4.759

397

28

26

6

Pelayanan Akta Kematian

972

81

6

7

7

Pelayanan Akta Perkawinan

119

10

1

6

8

Pelayanan Akta Perceraian

17

1

1

4

9

Pelayanan Informasi Data Kependudukan

84

7

1

9

10

Pelayanan Pengaduan Data Kependudukan

1.440

120

8

13

Total

61.804

5.150

361

288

Hingga berakhirnya survey tercapai akumulasi persepsi jawaban sebanyak 288 responden serta memperhatikan ketentuan dalam Permenpan-RB No. 14 Tahun 2017 maka diperoleh hasil lengkap sebagai berikut :

  • Hasil SKM Dinas Kependudukan danPencatatan Sipil 

Dilihat dari tabel dibawah sebagai hasil survey , secara umum persepsi yang diberikan masyarakat pengguna layanan atau responden SKM dominan “sangat baik” dan “baik”, namun masih terdapat persepsi “kurang baik” dan “tidak baik” meskipun dengan persentase kecil. “sangat baik” diperoleh dari unsur layanan (U1) Kesesuaian Persyaratan sebesar 180, (U2) Prosedur Pelayanan sebanyak 170, (U4) Kewajaran Biaya sebesar 266, (U5) Keseuaian Pelayanan sebesar 144 dan (U8) Penanganan Pengaduan serta (U9) Kualitas Sarana Prasarana masing-masing sebesar 239 dan 142. Hal ini perlu mendapat apresiasi dan perlu dipertahankan ke depannya.

Sedangkan “Kurang Baik” dipersepsikan sebesar 1-6 persen dari total responden dari keseluruhan unsur pelayanan diantaranya (U2) Prosedur Pelayanan; (U3) Kecepatan pelayanan dan (U9) Kualitas Sarana Prasarana. Sehingga kiranya perbaikan pelayanan perlu ditingkatkan lagi mengingat pentingnya administrasi kependudukan ini dalam kehidupan masyarakat.

Tabel xx.Hasil Analisis Survey Kepuasan Masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2021

Pendapat Responden

NILAI UNSUR PELAYANAN

U1

U2

U3

U4

U5

U6

U7

U8

U9

Tidak Baik

1

1

3

0

2

1

2

3

0

Kurang Baik

5

12

17

3

3

11

9

8

13

Baik

102

105

141

19

139

127

156

38

132

Sangat Baik

180

170

127

266

144

149

121

239

142

Kosong

0

0

0

0

0

0

0

0

1

Jumlah Responden

288

288

288

288

288

288

288

288

287

∑ Nilai/Unsur

1037

1020

968

1127

1001

1000

972

1089

990

NRR / Unsur

3.601

3.542

3.361

3.913

3.476

3.472

3.375

3.781

3.449

NRR tertbg/

unsur

0.400

0.393

0.373

0.434

0.386

0.385

0.375

0.420

0.383

JUMLAH IKM TERTIMBANG

*) 3.549

NILAI IKMKONVERSI  : 3.549 X 25

88.72

Hasil perhitungan dari 9 unsur pertanyaan yang dilakukan kepada pengguna layanan sebagaimana terlihat pada tabel diatas maka secara keseluruhan pada tahun 2021 persepsi masyarakat terhadap layanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bontang adalah SANGAT BAIK. Berdasarkan hasil pengukuran terhadap 288 responden memiliki Indeks Kepuasan Masyarakat setelah dikonversi sebesar 88,72 yang berarti pada interval Mutu Pelayanan Sangat Baik dengan rentang nilai antara 88,31-100,00. Secara lebih detil sebagai berikut :

  1. NilaiIKM Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KotaBontang= 88,72
  2. Mutu Pelayanan = A
  3. KinerjaUnit Pelayanan = SANGAT BAIK

Hal ini dibuktikan dari pilihan jawaban responden pada tabel 6.2. yang lebih banyak memberikan opinipada pilihan Baik dan Sangat Baik pada hampir sebagian besar unsur layanan. Meskipun demikian, tuntutan tinggi dari pelayanan publik diharapkan bahwa unit pelayanan publik dengan mutu Baik akan tercermin dari tidak adanya opini publik yang memberikan jawaban Tidak Baik dan Kurang Baik pada setiap unsur layanan yang dinilai. Hasil SKM Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bontang pada tabel tersebut menggambarkan bahwa masih adanya opini publik yang berada pada pilihan Tidak Baik dan Kurang Baik pada seluruh unsurnya sehingga mutu pelayanan masih perlu ditingkatkan keseluruhan.

Publikasi hasil IKM Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2021 sebagaimana diamanatkan dalam Permenpan-RB No. 14 Tahun 2017 sebagai berikut:

 

INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM)

DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPILTAHUN 2021

NILAI IKM

UNIT LAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

88.72

RESPONDEN

Jumlah

=

288 Orang

Jenis Kelamin

L :

115 Orang

 

P :

173 Orang

 

 

 

Pendidikan

SLTA ke bawah :

138 Orang

 

D3 :

25 Orang

 

S1 :

115 Orang

 

S2 :

9 Orang

 

S3 :

 

1 Orang

 

 

 

Periode Survey :

5 – 25Oktober 2021

 

 

TERIMAKASIH ATAS PENILAIAN YANG TELAH ANDA BERIKAN

MASUKAN ANDA SANGAT BERMANFAAT UNTUK KEMAJUAN UNIT KAMI AGAR TERUS MEMPERBAIKI DAN MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN BAGI MASYARAKAT

 

 

Read more: HASIL IKM 2021

  1. Oktober 2021
  2. HASIL IKM TAHUN 2020
  3. LAPORAN SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT TAHUN 2020
  4. Jaga Kerahasiaan Data Pribadi, Dokumen Kependudukan Tak Perlu Difotokopi
  5. Inovasi Pandu Kasih Disdukcapil Bontang Dukung Program Pemerintah Cegah Stunting
  6. Awali Tahun 2021, Dukcapil Gelar Raker Peningkatan Kualitas Layanan Adminduk pada 34 Provinsi
  7. PENGUMUMAN
  8. Dirjen Dukcapil: Sesuai UU Pilkada yang Terdaftar Dalam DPT Bisa Mencoblos
  9. PROSES BISNIS DISDUKCAPIL
  10. Pengelolaan Pengaduan Bulan Januari 2020

Page 6 of 71

  • 1
  • 2
  • 3
  • ...
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • ...

MENU UTAMA

  • BERITA
  • JENIS PELAYANAN
  • Kependudukan
  • Pencatatan Sipil
  • KTP-el
  • Laporan SKM
  • Data Agregat
  • BROSUR
  • TINDAK LANJUT PENGADUAN

WAKTU PELAYANAN

SENIN - KAMIS

08.00 - 15.00 wita

(Tatap Muka & Online)

JUM'AT

08.00 - 11.00 wita

(Tatap Muka & Online)

TERBARU

  • DKB Semester I Tahun 2022 telah dirilis Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia
  • SI TIO
  • SEVEN IN ONE
  • DEMI KEKASIHKU
  • PELANDUK SAKTI

LAYANAN PENGADUAN

  • WhatsApp Disdukcapil

  • SP4N-LAPOR

DATA KEPENDUDUKAN

KONTAK PEJABAT

  • SEKRETARIS : 0812 5509 192
  • KABID. DAFDUK : 0811 5411 762
  • KABID. PIAK : 0858 2284 3657
  • KABID. CAPIL : 0812 5577 377

BANYAK DIBACA

  • PERBEDAAN KTP LAMA, KTP NASIONAL DAN KTP ELEKTRONIK (E-KTP)
  • Pertama kali, alat pembaca e-KTP bakal dipakai pada Pilkada serentak
  • Rasio Ketergantungan (Dependency Rasio)
  • Status Hubungan dengan Kepala Keluarga
  • Deadline Urus E-KTP 30 September 2016

Link Internal

  • Pemerintah Kota Bontang
  • Berita Kota Bontang
  • Badan Kepegawaian Daerah
  • LPSE
  • Dinas Kependudukan Kaltim

Link Eksternal

  • Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Kementerian Dalam Negeri
  • Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia
  • Pemprov Kaltim
  • GIS DUKCAPIL

Statistics

Articles View Hits
1963651

Login Form


Back to Top

© Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bontang 2022